Jumat, 10 Juni 2011

EXAMPLE OF STUDENT WORKSHEET 1


STUDENT WORKSHEET

1.    Make 2 group (each groups consists of 3-4 students)
2.    Read the article below
3.    Discuss the article to identify the charateristics of HIV, effect of HIV/AIDS in human life, and how to prevent or treat HIV/AIDS
4.    Fill the table of discuss result

PERKEMBANGAN HIV/AIDS DI INDONESIA

HIV merupakan singkatan dari ’human immunodeficiency virus’. HIV merupakan virus yang termasuk dalam retrovirus, Yang menjadi ciri khas bentuk seperti bola atau bulatan ini termasuk dalam retrovirus yang proses replikasi dilakukan mundur (backward replication). HIV memiliki materi genetik RNA dan morfologi yang unik dari HIV adalah adanya nukleoid yang berbentuk silindris dalam virion yang menjangkiti sel-sel sistem kekebalan tubuh manusia (terutama CD4 positive T-sel dan macrophages– komponen-komponen utama sistem kekebalan sel), dan menghancurkan atau mengganggu fungsinya. Infeksi virus ini mengakibatkan terjadinya penurunan sistem kekebalan yang terus-menerus, yang akan mengakibatkan defisiensi kekebalan tubuh, sehingga tubuh lebih rentan terhadap berbagai ragam infeksi, yang sebagian besar jarang menjangkiti orang yang tidak mengalami defisiensi kekebalan.  
AIDS adalah singkatan dari ‘acquired immunodeficiency syndrome’ dan menggambarkan berbagai gejala dan infeksi yang terkait dengan menurunnya sistem kekebalan tubuh. Infeksi HIV telah diketahui sebagai penyebab AIDS. Tingkat HIV dalam tubuh dan timbulnya berbagai infeksi tertentu merupakan indikator bahwa infeksi HIV telah berkembang menjadi AIDS.
Karena penularan AIDS terbanyak adalah melalui hubungan seksual maka penularan AIDS bisa dicegah dengan tidak berganti-ganti pasangan seksual. Pencegahan lain adalah melalui pencegahan kontak darah, misalnya pencegahan penggunaan jarum suntik yang diulang dan pengidap virus tidak boleh menjadi donor darah.
Infeksi HIV tidak disertai gejala awal pada penderita, hanya seperti flu dan penyakit ringan biasa, sehingga pada awal masa infeksi AIDS belum terdeteksi. seseorang yang terinfeksi HIV sangat mudah menularkan virus tersebut kepada orang lain.
Berbagai kasus HIV/AIDS di Indonesia dapat dipaparkan sebagai berikut :
Berdasarkan laporan triwulan Departemen Kesehatan, hingga Desember 2010 secara kumulatif tercatat 24.131 kasus AIDS di Indonesia. Sebagian besar kasus AIDS didapatkan pada kelompok usia 20-29 tahun yaitu sebesar 47.4% disusul kelompok usia 30-39 tahun sebesar 31.3% dan kelompok usia 40-49 tahun sebesar 9.4%.
Kini, dengan adanya obat anti HIV yang bernama antiretroviral (ARV), orang yang HIV positif bisa hidup relatif sehat selama bertahun-tahun tanpa gejala apa-apa. Tapi obat ini mahal harganya dan tidak selalu tersedia. Padahal, jika terapi antiretroviral (ART) dihentikan, bisa timbul resistensi.
Pada masyarakat umum, pencegahan dilakukan lewat pendidikan agama dan ketahanan keluarga.  Upaya lainnya adalah mencegah dan menghilangkan stigma dan diskriminasi mengenai AIDS. “Untuk generasi muda diperlukan pendidikan sebaya dan pemberdayaan remaja misalnya dengan slogan 'say NO to drugs & free sex'," kata Nafsiah.(Ant/ICH)


REPORT OF DISCUSSIONS RESULT

Named of Virus
Name of Disease that Caused by Virus
Characteristics of Virus
Effect of Diseases for Human Life
How to Prevent the Disease
Development of Disease in Indonesia






Shape :


Based on the replication,included in  :


Genetic Materials :


Target of Virus :


Symptoms :




Effect to the body health :





The case of this disease Increase/Decrease*) each year

Male/Female*) get more injection of this virus.

Spreading of this diseases most because of :


Efforts of goverments to prevent the spreading of this disease :



Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Tulis Komentar !!!