Sabtu, 27 Maret 2010

Tips 'n Trik Manajemen Waktu


Tips n Trik Manjemen Waktu
Ada yang bilang waktu adalah emas, waktu adalah uang, namun yang pasti waktu adalah waktu, yang tak bisa kita kembalikan lagi. Ketika kita membuang waktu maka kita membuang seperberapa persen dari umur kita. Terkadang tanpa sadar kita telah membuang waktu kita dengan sia-sia, padahal dalam hidup ini kita hanya mempunyai sedkit waktu saja, mungkin 0,0000... dari waktu kita di akhirat nanti, lumayan sih kalau di akhirat nanti kita diberikan kesempatan lebih di surga, kalau di neraka?? Mau??? Yupz... itulah waktu, walupun badan terasa lemas dan fikiran terasa malas, tapi kita harus dituntut menggunakan waktu dengan baik. Ada beberapa cerita menarik tentang waktu, salah satunya cerita dari Steve Pavlina, ia menulis sebuah artikel tentang manajemen waktu yang sangat menarik berjudul Do It Now. Di situ Steve menceritakan teknik manajemen waktu yang ia gunakan untuk lulus kuliah S1 dalam tiga semester.  Ehmm.. Tiga semester itu tidak main-main karena biasanya orang lulus S1 dalam delapan semester ... Dan memang ia menceritakan bahwa ia bisa mengambil 35-40 SKS dalam satu semester.  Berikut ada beberapa tips n trik manajemen waktu, dari yang sederhana sampai manajemen waktu yang digunakan Steve Pavlina....
1.        Tetapkan Tujuan dan Cita-Cita Hidup
Langkah pertama yang penting adalah kita harus memiliki tujuan yang jelas. Tujuan yang hendak kita capai harus ditulis secara spesifik sehingga kita bisa mengetahui apakah kita sudah mencapainya atau belum. Langkah ini harus dilakukan lebih dulu sebelum langkah-langkah lainnya.
2.        Jadikan Waktu  lebih Flexible dengan Hal-Hal yang Baru
Dalam perjalanan hidup kita, pasti akan ada hal baru yang dapat kita jadikan teladan dan pedoman dalam tujuan dan cita-cita kita, jadi tak akan ada masalah jika kita mengubah rencana awal kita untuk hal baru yang lebih baik
3.        Tuntaskan Setiap Aktivitas Kita
Jangan mengerjakan sesuatu secaraterputus-putus, lakukan hingga selesai 100%, sehingga nantinya tidak akan mengganggu waktu kita mengerjakan hal lain
4.        Kegagalan adalah Hal yang Biasa bagi Orang Sukses
Jangan takut akan kegagalan. Orang yang banyak mengalami keberhasilan sebenarnya adalah juga orang yang banyak mengalami kegagalan. Mengapa ? Sebab mereka selalu mencoba dan mencoba. Penyesalan yang sesungguhnya adalah kalau kita tidak berani mencoba. Kita akan jauh lebih banyak belajar melalui berbuat daripada melalui berpikir.
5.        Lakukan Sekarang Juga
Jangan terpaku dan diperbudak oleh kemalasan kita, lakukan sekarang akan lebih baik daripada melakukan besok-besok. Waktu yang sekarang tidak akan kembali untuk hari esok. Segera bertindak jauh lebih penting daripada terlalu lama berpikir. Lakukan saja seolah-olah kita tidak mungkin gagal.
6.         Hindari Hal yang Sia-Sia
Singkirkan dengan tegas segala sesuatu yang menyita waktu kita. Misalnya saja, batalkan langganan majalah yang tidak berguna. Bahkan meskipun majalah itu gratis, namun kalau menyita waktu kita sebenarnya majalah itu mahal harganya. Begitu pula halnya dengan berbagai aktivitas yang tidak berguna.
7.        Menghindari Membuang-Buang Waktu
Cari kebiasaan-kebiasaan yang membuang waktu kita dan singkirkan. Misalnya, jangan menulis email selama 30 menit kalau kita bisa menyelesaikan urusan itu dengan telepon 10 menit .
8.        Gunakan Aturan 80%-20%
Aturan 80-20 (dikenal juga sebagai aturan Pareto) menyatakan bahwa 20% tugas memberikan 80% nilai. Kenali 20% tugas yang memberikan hasil optimal itu dan fokuskan waktu kita di sana. Jangan membuang waktu dengan 80% tugas yang hanya memberikan 20% nilai
9.        Cari Waktu Khusus untuk Melakukan Hal Penting
Untuk melakukan hal penting, maka dibutuhkan waktu khusus untuk melakukan hal tersebut. Karena dengan waktu khusus, maka akan tersa ebih efektif dalam pengerjaan 
10.    Melakukan beberapa hal secara bersamaan
Untuk hal-hal kecil yang bisa dilakukan secara bersamaan, hendaknya dilakukan secara bersamaan. Dan untuk waktu-waktu kecil gunakan seefektif mungkin. Ini ditujukan untuk mengefektifkan waktu. Sebagai contoh, saat kita disibukkan hanya dengan antrian, maka gunakan waktu antri tersebut sambil membaca atau menulis sebuah artikel
11.    Fokus
Saat kita mengerjakan suatu tugas, fokuskan diri kita hanya pada tugas itu saja. Jangan mengerjakan sesuatu yang lain, seperti bercakap-cakap, membaca email atau browsing Internet. Kerjakan tugas itu dengan konsentrasi 100%. Di pihak lain, saat kita beristirahat, beristirahatlah sepenuhnya.Tak lupa juga kita akan konsep “laser”, kenapa lampu laser bisa memotong sesuatu??, yupz... ya karena cahayanya terfokus...
12.    Jangan Takut Bereksperimen
Jangan takut bereksperimen dengan berbagai ide untuk meningkatkan produktivitas. Jangan takut akan kegagalan dan jangan kira suatu hal yang kecil tidak membutuhkan suatu eksperimen.
13.    Antusias itu Penting
Kita memerlukan antusiasme dalam melakukan segala sesuatu. Kalau kita antusias, bekerja akan terasa seperti bermain. Namun antusiasme ini perlu dipupuk terus-menerus. Caranya, bacalah bacaan atau dengarlah program audio yang bisa membangkitkan motivasi.
14.    Jaga Kondisi Fisik Tubuh
Segala hal tak dapat berjalan tanpa kesehatan tubuh kita, sehingga diperlukan penjagaan fisik tubuh agar semuanya dapat berjalan sesuai rencana. Jangan abaikan hal kecil seperi sarapan, yang nantinya akan sangat beref pada kinerja kita.
15.    Jaga Keseimbangan Hidup Kita
Jaga keseimbangan hidup kita. Jangan sampai kita terlalu sibuk bekerja sehingga kehidupan sosial kita terbengkalai. Semua aspek hidup kita harus dijaga tetap baik dan seimbang
16.    Berkonsentrasi Pada Hasil
Banyak orang melewatkan waktu mereka sepanjang hari dengan aktivitas yang hiruk-pikuk, tapi hanya sedikit membuahkan hasil. Itu semua terjadi karena mereka tak berkonsentrasi pada hal yang benar. Dengan lebih berkonsentrasi pada sedikit prioritas 'utama' secara teratur, Anda dapat mencapai lebih banyak hal dalam waktu singkat.
17.    Gunakan Waktu Perjalanan Dengan Bijaksana
Sebagai contoh, jika Anda memilih naik bus atau kereta untuk menuju tempat kerja, apakah ini menyediakan kesempatan untuk membuat penggunaan waktu Anda jadi lebih baik? Atau jika Anda nyetir sendiri, apa Anda bisa mendengarkan rekaman pendidikan atau motivasional yang dapat membuat Anda memperbaiki ketrampilan dan lebih produktif
18.    Bersikap Tegas
Belajarlah berkata tidak pada orang lain. Waktu Anda sangat berharga. Jadi jangan biarkan orang lain menentukan atau memanfaatkan Anda untuk kepentingan rencana mereka. Batasi gangguan sebisa mungkin. Tutup pintu Anda, matikan nada dering telepon atau minta dengan terus terang agar Anda tidak diganggu.
19.    Jadwalkan Waktu Untuk Bersantai
Saat Anda mengatur waktu dan bisnis Anda, pastikan untuk menyisihkan saat untuk bersantai
20.    Ketahui kapan suatu tugas harus diselesaikan
Prinsip sederhana pertama adalah mengerjakan tugas berdasarkan prioritas.
Anda harus tahu kapan suatu tugas harus diselesaikan. Serta, tugas mana yang harus diselesaikan terlebih dahulu. Luangkan waktu di awal hari atau petang hari untuk menyusun kembali rencana-rencana penyelesaian tugas. Dan berpeganglah pada rencana-rencana itu.
21.    Ketahui berapa lama waktu yang diperlukan untuk menyelesaikan tugas
Tapi tak cukup anda hanya tahu kapan tugas itu harus diselesaikan. Anda juga harus tahu berapa lama waktu yang anda butuhkan untuk menyelesaikan tugas- tugas tersebut. Ini akan menuntunt anda untuk bersikap realistis terhadap rencana dan tugas-tugas anda. Anda juga perlu mempertimbangkan kemampuan anda dan team anda dalam menyelesaikan tugas.
22.    Jangan terpaku pada lama waktu yang anda rencana
Jika anda merencanakan untuk menyelesaikan tugas dalam waktu dua jam, misalnya, maka jangan paku diri anda untuk menyelesaikannya dalam waktu tersebut. Akan jauh lebih baik jika anda berusaha menyelesaikannya dalam waktu yang lebih cepat. Dengan demikian anda bisa segera melompat ke pengerjaan tugas berikutnya.
23.    Keep it simple
Tips sederhana manajemen waktu lain adalah bersikap efisien. Itu sama Halnya dengan "keep it simple". Tak perlu menghabiskan waktu untuk merumit-rumitkan sesuatu. Jika suatu pekerjaan bisa dibikin sederhana, mengapa harus dibuat sulit. Mudahkan saja, maka anda akan menemukan waktu lebih banyak lagi.
24.    Batasi rencana Anda
Terlalu banyak rencana juga bukanlah hal yang baik jika Anda sadar tidak mungkin mengerjakan semuanya. Rencana yang terlalu banyak hanya akan membuat Anda stres. Bahkan jika Anda gagal mencapainya Anda bisa frustasi. Buatlah rencana yang Anda yakin dapat  menyelesaikannya.
25.  Gunakan alat bantu time manajemen
Jangan ragu untuk menggunakan alat-alat manajemen waktu. Sekarang sudah banyak dijual berbagai produk manajemen waktu, seperti agenda, to do list, dan lain-lain. Jika anda cukup canggih, anda bisa mendownload software time manajemen yang cukup banyak disediakan secara gratis. Dan tetap giat, bahwa alat-alat itu bertugas untuk membantu anda mengatur waktu, bukan menghabiskan waktu anda.
Hal-hal di atas hanyalah beberapa tips yang dsapat kita aplikasikan pada hidup kita, masih banyak hal lain yang dapat kita jadikan panutan dalam manajemen waktu. Walupun susah, tapi apa salahnya mncoba??
 Gubahan dari Berbagai Sumber

1 komentar:

Tulis Komentar !!!