Senin, 25 Januari 2010

“Raise Our Stamina With Back To The Nature”


BAB I
PENDAHULUAN
Sejak dahulu masalah impotensi, ejakulasi dini, dan disfungsi ereksi merupakan problem yang sangat serius bagi pria. Berbagai usaha dan upaya ditempuh untuk mengembalikan stamina dan kejantanan pria. Mulai dari mengonsumsi jamu tradisional, suplemen makanan, terapi, hingga obat kuat instan yang dapat menambah stamina pria.Bahan-bahan alami yang dimanfaatkan untuk memulihkan stamina pria di antaranya ginseng, Damiana aphrodisiaca, dan yohimbe. Salah satu masalah utama yang dihadapi pria dewasa adalah masalah keharmonisan dalam rumah tangga. Sebagian penyebabnya disebabkan oleh lemahnya stamina pria (suami) saat berhubungan dengan pasangannya. Maka, muncullah kasus-kasus ejakulasi dini, impotensi (disfungsi ereksi/DE) dan lainnya.
Berbagai masalah gangguan/ disfungsi seksual seperti disfungsi ereksi, ejakulasi dini, gangguan orgasme, frigiditas tentu membuat frustasi. Namun jangan asal mengobati, apalagi dengan pergi ke orang “pintar”. Bukannya sembuh, bisa-bisa organ kejantanan menjadi korban. Sebetulnya alam sudah menyediakan segala jenis penawar atau obat, termasuk untuk keluhan seputar `kejantanan` itu. Back to nature, kembali kepada yang alami. Cara inilah yang ter­baik untuk menjaga kondisi ke­se­hatan kita. Selain berolahraga ter­atur dan istirahat yang cukup, mengonsumsi tanaman tertentu dipercaya dapat meningkatkan stamina pria. Dalam buku ini kita akan mengenali lebih dekat tanaman obat pemacu gairah termasuk manfaat dan hasil risetnya.





BAB II
PEMBAHASAN
A.    Mengenal Lebih Dekat Stamina dan Vitalitas Pria
Bila Anda berada di keramaian, cobalah perhatikan pria-pria di sekeliling Anda. Satu dari delapan pria tersebut memiliki masalah yang segera akan mereka sembunyikan, bahkan dari istri mereka. Masalah tersebut adalah impotensi (disfungsi ereksi) yaitu ketidakmampuan untuk mendapatkan dan mempertahankan ereksi untuk melakukan aktivitas seksual dengan optimal. Sejak jaman dulu, impotensi (disfungsi ereksi) merupakan masalah yang sangat serius bagi kaum Adam. Berbagai upaya telah ditempuh untuk dapat mengembalikan kejantanan pria. Mulai dari mengkonsumsi jenis kerang-kerangan tertentu, sampai dengan meminum tumbukan cula badak Sebenarnya, bagaimanakah mekanisme di penis Anda, hingga mampu atau tidak mampu untuk ereksi? Ereksi pada pria merupakan sebuah mekanisme yang kompleks. Melibatkan koordinasi antara faktor-faktor psikis (kejiwaan), hormonal, saraf dan pembuluh darah. Secara anatomis penis mengandung jaringan ereksi berbentuk rongga-rongga kecil seperti dapat dilhat pada potongan melintang pada penis. Adanya rangsangan seksual yang disalurkan oleh saraf akan mengakibatkan pelebaran pembuluh darah dan peningkatan aliran darah ke penis, sehingga rongga-rongga tersebut terisi penuh oleh darah, dan terjadilah ereksi. Pengaturan ereksi ini menjadi dasar pengetahuan mengenai penyebab dan pengobatan impotensi atau disfungsi ereksi. Gangguan atau disfungsi ereksi mungkin terjadi pada faktor-faktor  tersebut di atas. Faktor psikis seperti stres, pasangan yang tidak  serasi, dapat mempengaruhi gairah seksual. Selanjutnya factor hormonal, yaitu hormon pria testoteron juga memberi pengaruh  pada gairah seksual pria.
Faktor fisik seperti kurang bugar karena stamina yang buruk, obat-obat bagi penderita darah tinggi, obat penenang, dan obat-obat lain dapat mengakibatkan disfungsi ereksi. Pada penderita diabetes dapat terjadi gangguan saraf dan pembuluh darah.Gangguan pembuluh darah karena penyempitan pembuluh darah dapat disebabkan pula oleh arteriosklerosis karena penumpukan kolesterol dan merokok, akan mengakibatkan gangguan lancarnya alian darah ke jaringan ereksi penis sehingga dapat mengakibatkan timbulnya disfungsi seksual.
Bahan-bahan alami yang dimanfaatkan untuk memulihkan stamina pria di antaranya ginseng, Damiana aphrodisiaca, dan yohimbe. Salah satu masalah utama yang dihadapi pria dewasa adalah masalah keharmonisan dalam rumah tangga. Sebagian penyebabnya disebabkan oleh lemahnya stamina pria (suami) saat berhubungan dengan pasangannya. Maka, muncullah kasus-kasus ejakulasi dini, impotensi (disfungsi ereksi/DE) dan lainnya.
Sejak dahulu masalah impotensi, ejakulasi dini, dan DE merupakan problem yang sangat serius bagi pria. Berbagai usaha dan upaya ditempuh untuk mengembalikan stamina dan kejantanan pria. Mulai dari mengonsumsi jamu tradisional, suplemen makanan, terapi, hingga obat kuat instan yang dapat menambah stamina pria. Menurut Sandy Setiawan, brand manager Tripoten PT Dexa Medica, ada tiga hal utama yang dibutuhkan seorang pria, yaitu gairah, stamina, dan daya tahan tubuh. Bila ketiga hal tersebut minim adanya, maka pria akan kurang bersemangat saat berhubungan dengan pasangannya.
Sandy menyebutkan, penyebab rendahnya tiga kebutuhan pria dalam melakukan aktivitas tersebut disebabkan dua faktor, yakni fisik dan psikis (kejiwaan). ''Faktor fisik disebabkan oleh kelelahan saat melakukan aktivitas kerja sehari-hari. Faktor psikis karena stres dan lainnya. Akibatnya, gairah daya tahan tubuh dan stamina pria, apalagi saat akan berhubungan dengan istrinya, turun''. Menurunnya ketiga hal itu, lanjutnya, berpengaruh besar terhadap fungsi seksual pria. Kondisi inilah yang menyebabkan impotensi, ejakulasi dini, maupun disfungsi ereksi lainnya.

B.     Istilah Obat Kuat dalam Dunia Kedokteran
Kata 'obat kuat' amat mudah kita temui di sekitar kita. Di lapak, kios di pinggir jalan, sampai iklan yang dimuat di media massa atau di tiang listrik, Berbagai macam jenis dan merek obat khusus bagi lelaki dewasa itu dijajakan dengan bebas dan sangat mudah untuk diakses siapa saja. Bahan yang dipergunakan sebagai bahan dasar obat tersebut ditawarkan ada yang dari herbal atau bahan-bahan kimia.
Belum lama ini Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) mencabut izin edar lebih kurang 22 merek obat penambah stamina pria yang diduga memiliki efek samping yang berbahaya bagi kesehatan.''Sebenarnya dalam dunia kedokteran tidak dikenal terminologi obat kuat,'' Prof Dr dr Wimpie Pangkahila SpAnd, FAACS, ahli andrologi dan seksologi Fakultas Kedokteran Universitas Udayana, Bali. Menurutnya, istilah obat kuat dimulai oleh para pedagang tradisional yang kemudian dipopulerkan dengan pemberitaan di media. Hingga kini pengertian obat kuat menjadi lekat di masyarakat meskipun istilah ini memiliki pengertian yang berbeda.
Obat kuat dapat diartikan sebagai obat erektogenik, yaitu obat yang dapat meningkatkan kualitas ereksi, dan menghambat agar ejakulasi tidak cepat terjadi. Tapi, pada saat yang lain, obat kuat juga dapat diartikan sebagai obat yang diberikan untuk tujuan meningkatkan dorongan seksual. Hal ini menunjukkan bahwa istilah 'obat kuat' digunakan begitu saja tanpa adanya pengertian yang jelas.
Menurut ketua Program Magister Ilmu Kedokteran Reproduksi dan Program Magister Anti-Aging Medicine Universitas Udayana Bali ini, pengobatan untuk masalah gangguan seksual sangat tergantung pada jenis fungsi seksual yang mengalami gangguan. ''Sampai saat ini, bahan erektogenik yang yang diakui secara internasional berdasarkan penelitian yang ekstensif dan evidence base adalah sildenafil sitrat, vardenafil, dan tadalafil,'' tutur Wimpie yang menjadi kontributor pada International Encyclopedia of Sexuality. Wimpie mengungkapkan, di Indonesia, sejak obat erektogenik yang mengandung sildenafil sitrat ditemukan dan terbukti efektif, semakin banyak produk jamu yang ditujukan sebagai 'obat kuat' atau 'peningkat stamina pria' beredar di pasaran. Citra produk jamu atau ramuan herbal yang tidak memiliki efek samping apa pun begitu lekat di masyarakat. Sehingga banyak orang merasa aman untuk membeli dan mengonsumsi obat-obatan yang terbuat dari bahan alami, termasuk jamu-jamu yang dikatakan berkhasiat 'obat penambah stamina pria.' ''Sebenarnya hingga saat ini, belum ada jamu yang dapat berfungsi secara efektif sebagai obat penambah stamina pria. Karena jamu tersebut perlu dicampur dulu dengan bahan-bahan kimia erektogenik, seperti bahan-bahan sildenafil sitrat, tadalafil, dan vardenafil,'' papar Wimpie.
Dengan penarikan berbagai merek jamu atau ramuan tradisional yang dicampur dengan berbagai bahan kimia, kata Wimpie, masyarakat harus lebih berhati-hati memilih obat. ''Sebaiknya mulai saat ini, kita harus berpikir bahwa tidak semua obat herbal itu benar-benar aman dikonsumsi karena bisa saja obat herbal tersebut dicampur dengan berbagai macam bahan kimia. Sebaliknya, tidak semua obat kimia itu berbahaya bagi tubuh,'' tegas konsultan Klinik Seksualitas dan Reproduksi Grasia Jakarta, dan Denpasar ini. 

C.    Pengertian Afrodisiaca
Afrodisiak merupakan semua bahan yang dapat membangkitkan gairah seksual (erogenik) berasal dari nama Aphrodite, dewi kecantikan di dalam hikayat Yunani. Jelaslah bahwa masalah seksual lebih dilihat dari sudut pandang pria, di mana kecantikan bisa membangkitkan gairah seksual pria. Afrodisiak berbeda dengan obat erektogenik seperti sildenafil. Untuk meningkatkan stamina dan vitalitas pria dewasa bukan hanya monopoli obatobatan kimia saja, komposisi yang berasal dari ekstrak tanaman juga dapat dimanfaatkan untuk indikasi tersebut. Tanaman obat pada umumnya mengandung komponen aktif dan berbagai komponen lain (enhancing factor and inhibiting factor) sehingga tanaman obat memerlukan waktu lebih lama dengan mekanisme kerja bersifat holistik memberikan efek pengobatan secara menyeluruh (enhancing factor and inhibiting factor). Menurunnya tingkat daya tahan tubuh berpengaruh juga terhadap tingkat gairah seksual. Penyebabnya selain penurunan stamina tubuh vitalitas pria dipengaruhi juga oleh penyakit dimana salah satunya adalah Diabetes mellitus. Ada 3 hal penting yang dibutuhkan dalam aktivitas optimal fungsi seksual pria yaitu: Gairah (libido) keinginan, stamina (kemampuan fisik), serta daya tahan tubuh.

D.    Tumbuhan Peningkat Stamina Pria
         Banyak tumbuhan yang dipercaya berpotensi meningkatkan stamina pria. Tumbuhan yang dipercaya menambah stamina pria antara lain adalah sebagai berikut :
1.      Ekstrak Ginseng
2.      Ekstrak Damiana (Turnera aphrodisiaca)
3.      Ekstrak yohimbe
4.      Muira puama (Ptychopetalum olacoides)
5.      Ginseng Siberia (Eleutherococcus senticosus)
6.      Jahe (Zingiber officinale Rosc)
Daging/buah/daun peningkat libido


1.      Seledri
2.      Nanas
3.      Alpukat
  1. Kacang Almond (atau jenis kacang pada umumnya)
5.      Mangga
6.      Persik
7.      Strawberry
8.      Kurma
9.      Cokelat
10. Kenari
11. Caviar
12. Kopi
13. Asparagus
14. Arugula
15. Daun Kemangi (Basil)
16. Pisang
17. Nanas
18. Wortel
19. Alpukat
20. Mangga
21. Persik
22. Stroberi
23. Bawang Putih
24. Bawang Merah
25. Minuman Anggur
26. Adas manis (aniseed)
27. Merica Hitam
28. Gandum


Tumbuhan Lain :


1.      Jamu kayu L. amara
2.      Ginkgo Biloba
3.      herba epimedii
4.      Panax ginseng
5.      Jamur liar Cordyceps
6.   Ekstrak tanaman Tribulus terrestris
7.      Almond
8.      Buah ara (fig)
9.      Avokado
10.  Buncis
11.  Cabe dan Cabe rawit
12.  Cengkih
13. Avena Sativa
14. Kapulaga
15. Ketumbar
16. Tongkat Ali (Eurycoma longifolia jack)
17. Pasak bumi
18. Akar licorice
19. Lobak
20. Pala
21. Raspberi dan Stroberi
22. Sawi
23. Tumbuhan semak Ashwagandha
24. Biji buah vanilla 


Bahan untuk ramuan obat Impotensi :


1.      Adas
2.      Pulosari
3.      Merica hitam
4.      Bawang putih
5.      Jahe
6.      jeruk nipis
7.      Merica
8.      Laos
9.      daun sembung legi
10.  daun kaki kuda
11.  biji pronojiwo
12.  akar alang-alang
13.  akar valerian


Bahan untuk ramuan obat Minuman  Segar  Perkasa :


1.      Kucai (Allium tuberosum)
2.      Jahe (Zingiber officinale roseoe)
3.      Bahan untuk Masakan 1: Udang Tumis Kucai
4.      daun kucai
5.      Merica
6.      Jahe
7.      bawang merah
8.      bawang putih


Tumbuhan bahan masakan untuk ejakulasi dini :
1.      Kemiri
2.      Ketumbar
Tumbuhan bahan masakan untuk prostat
1.      benalu teh
2.       lembar daun sambungnyawa (segar)
3.      temulawak.
Tumbuhan bahan masakan pengusir loyo/lesu :
1.      Wortel
2.      jeruk kiatna
3.      buah apel hijau
Tumbuhan bahan minuman segar bugar :
1. anggur (Vitis vinifera L.)
2. teh hijau
3. jahe (Zingiber officinale roseoe)
Tumbuhan bahan minuman penghilang stress :
1. ginseng (Radix ginseng)
2. mai tung (Radix ophiopogonis)
     
      Berikut penjabaran secara detail dari tanaman yang sering digunakan an dipercaya masyarakat sebagai peningkat stamina pria :
1.      Ekstrak Ginseng
Klasifikasi:
Regnum           : Plantae
Divisi               : Magnoliophyta
Kelas               : Magnoliopsida
Ordo                : Apiales
Famili              : Araliaceae
Genus              : Panax
Spesies            : Panax gunseng

Deskripsi Morfologi :

Panax gingseng merupakan tanaman perdu yang memiliki tinggi antara 0,1-0,5 meter. Biasanya tumbuh di daerah yang basah dan terlindung oleh pegunungan di Cina, Korea dan Russia. Tanaman ginseng ini dapat hidup lebih dari 100 tahun. Akarnya memggembung berbentuk seperti boneka yang berisi cadangan makanan dan bahan-bahan aktif lainya. Akar panjang, kurus dan kadang-kadang bentuknya lenyerupai tubuh manusia. Rasa dari akar Panax ginseng pertama-tama manis tetapi kemudian pahit. Batangnya bulat dan berwarna hijau ungu. Daunnya tunggal, berbentuk oval, dan bergerigi serta tulang daunnya menyirip. Daun berwarna hijau gelap, tiap tangkai daun terdiri atas 5 daun muda dengan 3 ujung daunnya lebih lebar/besar dari 2 daun yang lain. Panax ginseng memiliki buah yang berwarna merah bentuknya kecil seprti buah murbey.

Ada beberapa jenis ginseng yang dikenal selama ini. Ginseng paling mahal dan tinggi kualitasnya adalah ginseng liar yang berasal dan Manchuria. Kebanyakan ginseng yang beredar di pasar adalah hasil budidaya, yaitu: Panax ginseng (ginseng China/Korea/Oriental) - ginseng paling populer di pasaran; Panax quinquefolius (ginseng Amerika) - dibudidayakan di Amerika untuk ekspor ke China, khasiatnya masih di bawah ginseng China; Panax notoginseng (Pseudoginseng/ginseng san qi) - banyak digunakan sebagai pereda sakit dan pendarahan; dan Eleutherococcus senticosus (ginseng Siberia) yang khasiatnya menandingi ginseng China.
Kandungan kimia dari ginseng ialah:
(1) Saponins ginsenoside Rc, Ra1[7-9], Ra2[7-9],Ra3[10-11], Rba, Rb2,Rc, Rd; Rg3[10-11], Rg3[12], notoginsenoside R4[9], chikusetsuaponin IV, Iva
(2) Vaporizing oil panaxynol, ginsenyne, alpha pansinsene, beta pansinsene, beta farnesene, bicyclogermacrene, beta elemene, gama elemene, alpha neodovene, beta neodovene, alpha humulene, beta humulene, caryophyllene, beta gurjunene, alpha gurjunene, alpha selinene, beta selinene, gama selinene, selin-4, alpha guaiene, gama cubebene, beta patchoulene, hepatadecanol-1, octanal, gama cadinene, trans beta farnesene, beta guaiene, beta maaliene, cis caryophyllene,delta elemene, tetradecane, pentadecane, hexdecan, ;2,6-ditertbutyl-4methly-phenol, heptadecane, delta cadinene,widdrol, beta bisablene, octadecane, abol, alpha elemene, tridecan, eremophifene, gam patchoulene, cedrol, gama gurjunene, dodecane, alloaromadendrene, trans-caryophyllene, eicosane, alpha santalene, alpha muurodlene, palustalol, beta demene, alpha santalol, beta eubesmol, di-n-butyloxalate, eleutherosides.
(3) Organic acid and ester citric acid, isocitric acid, fumaric acid, oleic acid, linoleic acid, cis-butendicarboxylic acid, malic acid, pyuvic acid, succinic acid, tartaric acid, panax aid, salicyclic acid, vanillic acid, p-hydroxycinnamic acid, triglyceride, plmitin, palmitic acid.
(4) Sterols
Beta sitosterol, stigmasterol, daucosterol, sitosteryl-o-(6-O-fatty acyl)-glucpyranoside.
(5) Nitrogen compounds choline, adenosine triphosphate, adenosine and other amino acids.
(6) Vitamins
B1, B2, B12, C, nicotinic acid, folic acid, biotin
(7) Enzymes

(8)   Trace minerals
        copper, zinc, iron, manganese and others (more than 20).
(9)   Gomisin N and gomisin A.
(10) Kaempferol and pansenoside.
(11) Sugars
       Fructose, glucose, arabinose, rhamnose, glucuronic acid, mannose, xylose,

       sucrose, maltose, raffinose, ginsengtrisaccharide A, B, C, D; maltol,
       nonacosane, methoxy-5, nephyl-2(5H)-furanone.


Bagian tanaman yang mengandung zat aktif dan umum digunakan adalah akar. Selain zat aktif ginsenosides (ginseng Panax) atau eleutherosides (ginseng Siberia), ginseng juga mengandung minyak, sterol, pati, gula, pektin, vitamin B1, B2, dan B12, kolin, lemak, dan mineral (termasuk seng, tembaga, magnesium, kalsium, besi, mangan, dan vanadium).

Akar ginseng China dijual dalam dua variasi: ginseng putih dan ginseng merah. Ginseng putih berupa akar ginseng kering. Sedangkan ginseng merah (kebanyakan dan Korea) adalah akar ginseng yang dikukus dahulu baru dikeringkan. Proses pengukusan menyebabkan warna akar menjadi kemerahan. Yang merah konon memberi efek lebih hangat/panas (yang) pada tubuh dibandingkan yang putih. Akar ginseng biasanya diminum seperti seduhan teh, atau dalam bentuk kapsul. Belakangan juga banyak diolah dalam bentuk pasta atau tepung untuk minuman larutan.
Zat-zat aktif pada ginseng membantu proses penyembuhan dengan cara merangsang pembentukan antibodi tertentu. Zat-zat ini turut melancarkan pembentukan hormon dan sperma dengan cara melebarkan saluran pembuluh darah pada alat reproduksi pria.Ginseng juga dapat digunakan untuk mengatasi lelah berkepanjangan (fatigue) dan efek samping stres pada tubuh, serta mengembalikan vitalitas setelah sakit lama. Menurut ahli-ahli tanaman obat China, ginseng China lebih cocok untuk sistim hormon laki-laki dan ginseng Siberia untuk perempuan, terutama yang siklus haidnya sering tidak teratur. Ginseng Amerika yang bersifat dingin (Yin) lebih sering digunakan sebagai tonik dan untuk mengobati gangguan pada saluran pencernaan.
Dosis
Untuk pemakaian umum 100 - 250 mg ekstrak ginseng China atau 300 -400 mg ginseng Siberia, satu sampai dua kali sehari. Sedangkan untuk menjaga stamina pada saat stres atau selama masa penyembuhan dan sakit, gunakan dosis yang sama dua kali sehari. Begitu juga untuk masalah impoten dan infertilitas pada laki-laki. Asupan sebaiknya dimulai dengan dosis kecil dulu dan secara bertahap ditingkatkan sampai dosis yang dianjurkan. Batas pemakaian adalah 500 mg sehari. Ginseng sebaiknya tidak dikonsumsi terus menerus dalam jangka panjang. Paling banyak tiga atau empat kali dalam setahun, selama satu sampai dua minggu saja.
Efek Samping
Ginseng tidak akan menimbulkan masalah jika dikonsumsi dengan cara yang benar. Pemakaian berlebihan dilaporkan dapat menimbulkan gangguan emosi, gangguan tidur, tekanan darah naik, sakit kepala dan sakit perut/diare. Untuk mengatasi efek tak nyaman tersebut dengan mengurangi dosisnya.
Kelebihan dosis, khususnya ginseng China yang bersifat stimulan, akan meningkatkan aktivitas hormon estrogen secara berlebihan yang dapat merangsang tumbuhnya tumor payudara dan menyebabkan pendarahan haid hebat. Kombinasi ginseng China dengan zat-zat bersifat stimulan lainnya (seperti teh, kopi atau minuman cola) juga dapat menimbulkan efek samping yang membahayakan kesehatan.





2.      Turnera diffusaEkstrak Damiana (Turnera aphrodisiaca)
Regnum           : Plantae
Divisi               : Magnoliophyta
Kelas               : Magnoliopsida
Ordo                : Malpighiales
Family             : Turneraceae
Genus              : Turnera
Species            : Turnera  aphrodisiaca

Deskripsi Morfologi
Damiana adalah suatu semak belukar kecil yang tumbuh 1-2 m dan  menghasilkan bunga berbau harum. Bunga kuning kecil dan buahnya kecil dengan bau manis seperti buah ara. Yang digunakan untuk obat adalah daunnya , yang dipanen sepanjang musimbunga. Ditemukan di atas lereng bukit berbatu-batu yang merupakan daerah panas dan cuaca lembab di selatan Texas, California Selatan, Mexico, Amerika Pusat dan Barat India.

Fakta Damiana
Damiana adalah salah satu dari tumbuh-tumbuhan bumbu yang paling aman dan populer untuk memugar kembali kapasitas seksual alami dan fungsi dan telah digunakan sebagai suatu aphrodisiac, kembali ke masa lampau waktu. Aphrodisiac ini sangat bagus sebagai rejuvenator dan stimulator.

Cara Kerja Damiana
Damiana berisi unsur terpenes, beta-sitoserol, arbutin, alkaloida dan berbagai minyak berbau harum yang mempunyai suatu stimulans mempengaruhi pada  piranti seksual dan membantu ke arah membangun kesehatan seksual dan produktivitas kembali. Bahan gizi ini bekerja untuk memugar kembali dan tingkatkan fungsi seksual dengan darah terus meningkat mengalir kepada organ/ bagian badan dan untuk keseluruhan kesehatan seksual sistem reproduktif. Damiana juga bekerja sebagai suatu tonic untuk gelisah atau kelemahan seksual.

Manfaat
a.       Aphrodisiac kuat dan stimulans seksual
b.      Meningkatkan keinginan seksual dan capaian seksual
c.       Peningkatan Peredaran Darah ke organ/ bagian badan
d.      Membantu hormon wanita dan mengurangi gejala mati haid
e.       Membantu konstipasi
f.       Membantu bronkitis dan sakit asma
g.      Mengurangi depresi
h.      Obat penenang
i.        Mengurangi kekejangan
j.        Merangsang pencernaan
k.      Peningkatan urination
l.        Obat pencuci perut

Petunjuk Pemakaian
Damiana adalah paling efektif ketika dikombinasikan dengan tumbuh-tumbuhan bumbu serupa untuk melengkapi aktivitasnya, terutama biji pohon palem kecil. Dosis tinggi dapat mempengaruhi suatu perasaan senang dan bahagia.

Dosis Standart
Daun
Sari Cairan : 2-4 ml 2 X sehari
Kapsule : 3-4 gr 2 X sehari
Tidak dianjurkan untuk penderita diabetes, anak-anak dan ibu hamil
            Damiana mempunyai suatu kemampuan unik untuk relax tegangan di dalam badan. Tanaman / Jamu ini adalah suatu tonic populer untuk wanita-wanita mengandalkan menaikkan tegangan energi, membebaskan tegangan dan perangai / penusuk fluktuasi berhubungan dengan siklus yang bulanan itu. Meski demikian orang lain menggunakan Damiana untuk pertimbangan yang diusulkan oleh nama yang berkenaan dengan tumbuhannya ( sebagai stimulans seksual).

Sejarah dan Penggunaan:
Damiana telah digunakan untuk beribu-ribu tahun di dalam Kultur  Amerika Latin, mencakup Mayans dan Aztecs sebagai stimulans seksual dan untuk perlakukan kekacauan berhubung pernapasan. Damiana di dalam suatu waterpipe sebagai pembuka ke permainan cinta. yang dianggap sebagai keseluruhan badan tonic, Damiana tidak lagi dipertimbangkan suatu tanaman/jamu hanya untuk orang, tetapi mungkin digunakan untuk berbagai penyakit untuk kedua-duanya para laki-laki dan perempuan. Damiana mempengaruhi sistem nerves, bertindak sebagai suatu antidepressant yang menenangkan ketertarikan, gelisah dan tekanan lembut dan juga mempromosikan suatu yang umum merasa kesejahteraan/ kesehatan. Damiana dikatakan kepada merangsang peredaran di dalam badan, yang sebagai konsekwensi meningkat aras tenaga untuk mengurangi kelelahan dan merangsang kerugian berat/beban. Lain penggunaan dikenal untuk Damiana meliputi bertindak sebagai suatu obat pencuci perut lembut yang bermanfaat untuk membebaskan constipation, sakit kepala penenangan disebabkan oleh haid, dan mengencerkan cairan sebagai hasil sakit asma, dingin dan influensa. Kebanyakan riset telah dilaksanakan pada kotoran minyak Damiana, Yang meliputi banyak unsur semerbak kecil terpenes, dan hingga kini, itu adalah belum jelas jika kotoran minyak sungguh-sungguh pecahan Damiana aktif yang utama. Daun-Daun juga berisi antimicrobial unsur itu, arbutin, beberapa alkaloida dan lain campuran yang penting.

Kontraindickasi
Damiana boleh bertentangan dengan penyerapan besi dan banyak pengobatan umum. Sebab riset ilmiah adalah belum selesai mengenai tanaman/jamu ini, dan sampai lebih diketahui Efek Damiana's pada wanita itu hormonal sistem, itu tidaklah direkomendasikan untuk yang hamil atau merawat/menyusu wanita-wanita. Dosis berlebihan  berbahaya. Tidak direkomendasikan untuk orang-orang dengan penyakit ginjal atau hati. Orang-Orang dengan Type-1 Kencing manis perlu berkonsultasi suatu healthcare praktisi sebelum/di depan penggunaan,  tanaman/jamu boleh menyebabkan gula darah rendah.

3.      Ekstrak yohimbe
Yohimbe merupakan alkaloid yang berasal dari tanaman Pausinystalia yohimbe, tanaman yang tumbuh di Afrika (Nigeria, Kamerun dan Kongo). Habitat : lahan kaya tanah dan rindangTelah digunakan selama berabad-abad di afrika barat sebagai teh


untuk meningkatkan gairah dan performa


seksual. Ketika dikonsumsi, Yohimbe masuk ke dalam aliran darah dan meningkatkan energi dengan cara memompa darah ke bagian genital pria dan wanita. Efeknya memperlebar pembuluh darah, meningkatkan aliran darah, khususnya di jaringan erektil sekitar kelamin
Yohimbe bark extract
Keuntungan mengonsumsi Yohimbe
1.      Zat perangsang baik untuk pria maupun wanita.
2.      Untuk melawan penyakit impoten.
3.      Antioksidan yang kuat.
4.      Mencegah penyumbatan pembuluh arteri.
5.      Meningkatkan daya seksual dan libido.
6.      Membantu mencegah serangan jantung.




Penggunaan berdasar pada bukti ilmiah
1.   Mulut kering ( Xerostomia)
Studi melaporkan bahwa yohimbe bisa meningkatkan air liur di dalam binatang dan di dalam manusia. Yohimbe telah digunakan untuk perawatan mulut kering dengan pengobatan, seperti antidepressants.
2.   Kelainan fungsi kejantanan tubuh
Yohimbine hydrochloride adalah suatu obat/racun resep obat yang telah ditunjukkan berbagai percobaan manusia untuk secara efektif pada keadaan tak berdaya kejantanan pria. Yohimbine boleh juga menjadi suatu pilihan perawatan bermanfaat pada kelainan fungsi tubuh orgasmic.
3.   Libido Wanita
Yohimbe telah diusulkan untuk meningkatkan libido wanita.
4.   Kelainan sistem nerves fungsi tubuh ( kegagalan autonomic)
Yohimbie dapat meningkatkan hypotension orthostatic (penurunan tekanan darah dengan kedudukan) atau lain gejala kelainan fungsi tubuh sistem nerves autonomic.
5.   Antidepressants
Yohimbine Hydrochloride, suatu format yohimbie yang distandardisasi tersedia sebagai resep obat di Amerika Serikat, telah diusulkan untuk perlakukan kelainan fungsi tubuh seksual dalam kaitan dengan SSRI antidepressants.
6.   Massa Otot
Yohimbie dikombinasikan dengan latihan akan mengubah massa badan, massa otot, atau capaian latihan.

Sebaiknya Yohimbe tidak dikonsumsi oleh orang-orang yang mempunyai masalah kesehatan seperti tekanan darah tinggi, diabetes, masalah jantung, atau sedang dalam pengobatan. Sebaiknya berkonsultasi dengan dokter Anda sebelum mengonsumsinya



Dosis
15-30 mg sehari. Bagaimanapun, dosis lebih tinggi tidak baik.Masukan lebih dari 40 mg sehari yohimbe dapat menyebabkan penurunan tekanan darah, sakit abdominal, kelelahan, halusinasi, dan kelumpuhan.Menurunkan dosis dapat menyebabkan peningkatan tekanan darah.

4.      Muira puama (Ptychopetalum olacoides)
Ptychopetalum olacoides banyak terdapat di Brasil dan dikenal sebagai afrodisiakum. Pada tahun 1990, institut seksualogi di Paris, Perancis menjalankan satu kajian terhadap 262 pasien yang nafsu seksnya berkurang/menurun. Muira puama diberikan setiap hari dalam tempo dua minggu. Keputusannya, 62 % memberi kesan positif. Pada tahun 2000, pernah dilakukan penelitian kombinasi muira puama dengan ginkgo sebagai rawatan bagi wanita dengan libido yang rendah. Setelah sebulan, terbukti bahwa banyak wanita mengalami peningkatan libido dan aktivitas seksual serta kepuasan dan kenikmatan seks mereka bertambah.
Muira puama membantu mengendurkan saluran darah dan melancarkan aliran lebih banyak ke bagian alat kelamin. Sehingga ini dapat meningkatkan kepekaan terhadap rangsangan seks. Namun, sejauh ini belum diketahui mekanisme kerjanya.
Dosis 1-1,5 gram ekstrak bubuk kering selama 2 minggu bisa memberikan hasil. Diperkirakan bisa meningkatkan kebugaran jasmani dan mental, sehingga meningkatkan rasa percaya diri (self esteem) yang memperbaiki fungsi seksual.


5.      Jahe (Zingiber officinale Rosc)
JaheKlasifikasi
Divisi                           : Spermatophyta
Sub-divisi        : Angiospermae
Kelas                           : Monocotyledoneae
Ordo                            : Zingiberales
Famili                          : Zingiberaceae
Genus                          : Zingiber
Species                        : Zingiber officinale
Deskripsi Morfologi
Terna berbatang semu tinggi 30 cm-1 m, rimpang bila dipotong berwarna kuning atau jingga. Daun sempit, panjang 15-23 mm, lebar 8-15 mm ; tangkai daun berbulu, panjang 2-4 mmbentuk lidah daun memanjang, panjang 7,5-10 mm, dan tidak berbulu, seludang agak berbulu. Perbungaan berupa malai tersembul dipermukaan tanah, Mahkota bunga berbentuk tabung 2- 2,5 cm, helainya agak sempit, berbentuk tajam,berwarna kuning kehijauan, panjang 1,5-2,5 mm, lebar 3-3,5 mm, bibir berwarna ungu, gelap, berbintik-bintik berwarna putih kekuningan, panjang 12-15 mm ; kepala sari berwarna ungu, panjang 9 mm tangkai putik 2.
Jenis Tanaman
Berdasarkan ukuran, bentuk dan warna Rimpangnya, dikenal 3 varietas jahe, yaitu :
a. Jahe putih/kuning besar/jahe gajah/badak
Rimpangnya lebih besar dan gemuk, ruas rimpangnya lebih menggembung dari varietas lainnya. Jenis jahe ini dikonsumsi baik saat berumur muda maupun tua, baik sebagai jahe segar maupun olahan
b.Jahe putih/kuning kecil/jahe sunti/emprit
Ruasnya kecil, agak rata sampai agak sedikit menggembung. Jahe ini selalu dipanen setelah berumur tua. Kandungan minyak atsirinya lebih besar sehingga lebih pedas,Jahe ini cocok untuk ramuan obat-obatan, atau diekstrak oleoresin dan minyak atsirinya.
c. Jahe merah
Rimpangnya berwarna merah dan lebih kecil dari pada jahe putih kecil. sama seperti jahe kecil, jahe merah selalu dipanen setelah tua, dan juga memiliki kandungan minyak atsiri yang sama dengan jahe kecil, sehingga cocok untuk ramuan obat-obatan.
Terdapat di seluruh Indonesia, ditanam di kebun dan pekarangan. Jahe telah banyak dibudidayakan di Australia, Srilangka, Cina, Mesir, Yunani, India, Indonesia, Jamaika, Jepang, Meksiko, Nigeria, Pakistan. Jahe dari Jamaika mempunyai kualitas tertinggi, sedangkan India merupakan negara produsen jahe terbesar, yaitu lebih dari 50 Persen dari total produksi jahe dunia.
Kandungan
Jahe mengandung minyak atsiri, damar, mineral sineol, fellandren, kamfer, zingiberin, zingiberol, gigerol, lipidas, asam aminos, niacin, vitamin A, B1, C dan protein. Di balik rasanya yang pedas, jahe memiliki khasiat merangsang pelepasan hormon adrenalin, memperlebar pembuluh darah dan mempercepat aliran darah. Jahe juga mengandung antioksidan yang membantu menetralkan efek merusak yang disebabkan radikal bebas didalam tubuh. Umbi jahe mentah, matang, atau dalam bentuk bubuk, merupakan stimulan untuk
sistem sirkulasi darah. Tumis-tumisan yang dibumbui jahe dikatakan bisa meningkatkan libido.
Di balik rasanya yang pedas, jahe mengandung zat-zat yang berguna bagi
tubuh manusia. Tak heran bila sejak lama dikenal ada wedang (minuman) jahe, permen jahe, atau bandrek (minuman yang mengandung jahe). Jahe juga banyak digunakan sebagai bumbu untuk berbagai jenis masakan atau kue.

Manfaat jahe, berdasar sejumlah penelitian, antara lain: Merangsang pelepasan hormon adrenalin, memperlebar pembuluh darah,sehingga darah mengalir lebih cepat dan lancar. Tubuh pun menjadi lebih hangat, kerja jantung memompa darah lebih ringan. Akibatnya, tekanan darah menjadi turun.
Jahe mengandung dua enzim pencernaan yang penting. Pertama, protease yang berfungsi memecah protein. Kedua, lipase yang berfungsi memecah lemak. Kedua enzim ini membantu tubuh mencerna dan menyerap makanan.
Jahe sekurangnya mengandung 19 komponen bio-aktif yang berguna bagi tubuh. Komponen yang paling utama adalah gingerol yang bersifat
antikoagulan, yaitu mencegah penggumpalan darah. Jadi mencegah
tersumbatnya pembuluh darah, penyebab utama stroke, dan serangan jantung.
Gingerol diperkirakan juga membantu menurunkan kadar kolesterol.

Memblok serotonin, yaitu senyawa kimia pembawa pesan. Senyawa ini
menyebabkan perut berkontraksi, sehigga timbul rasa mual. Misalnya pada orang yang mengalami mabuk perjalanan.

Jadi, untuk mencegah mabuk perjalanan, ada baiknya minum wedang jahe
sebelum bepergian.
Caranya: pukul-pukul jahe segar sepanjang 1 ruas   jari,
masukkan dalam satu gelas air panas. Beri madu secukupnya, lalu minum.
Bisa juga menggunakan sepertiga sendok teh jahe bubuk, atau kalau tahan,
makan dua kerat jahe mentah.

Membuat lambung menjadi nyaman, dan membantu  mengeluarkan angin. Bisa meringankan kram perut saat menstruasi atau kram akibat terlalu banyak mengkonsumsi makanan berlemak.
Membantu tubuh melawan pilek dan flu. Jahe mengandung antioksidan yang
membantu menetralkan efek merusak yang disebabkan oleh radikal bebas di
dalam tubuh.

Jahe merupakan pereda rasa sakit yang alami dan dapat meredakan nyeri
rematik, sakit kepala, dan migren. Caranya, minum wedang jahe 3 kali
sehari. Bisa juga minum wedang ronde, mengulum permen jahe, atau
menambahkan jahe saat Anda membuat soto, semur, atau rendang.

6.      Pasak Bumi / Tongkat Ali (Eurycoma longifolia jack)
Kerajaan          : Tumbuhan
Divisi   : Magnoliophyta
Kelas   : Magnoliopsida
Ordo    : Sapindales
Famili  : Simaroubaceae
Genus  : Eurycoma
Spesies            : Eurycoma longifolia
Tongkat Ali memiliki lebih dari 13 manfaat kesehatan. Berbeda dengan herba-herba yang dicerna lainnya yang hanya mampu memperlancar sirkulasi, Tongkat Ali memicu hormon-hormon gonadotropin yang berkaitan dengan rangsangan mental dan fisik. Hal ini akan memperbaiki reaksi fisik dan mental seseorang terhadap rangsangan. Tongkat Ali juga merupakan sarana meningkatkan produksi testosterone.
Pada pemanfaatannya yang luas, Tongkat Ali mirip dengan ginseng, namun dengan daya yang 4 kali lebih kuat daripada ginseng. Kemampuan Tongkat Ali untuk meningkatkan kadar testosteron juga jauh lebih besar daripada ginseng. Ketika kadar testosteron meningkat, Hormon-hormon seks lain (seperti androgen dan estrogen) akan mememberi sinyal pada tubuh untuk menghentikan produksi testosterone.
Tongkat Ali akan menetralisir proses ini dan memicu kelenjar hipotalamus dan pituitari, dan secara alami menyebabkan testes terus memproduksi testosteron ke tingkat yang lebih tinggi. Karena testes sedang giat-giatnya memproduksi, ukuran penis dan testikel akan membesar. Penelitian menunjukkan bahwa Tongkat Ali adalah afrodisiak tunggal yang kuat.
Manfaat Ekstrak Tongkat Ali :
a.       Kesehatan, vitalitas, dan kekuatan tubuh
b.      Menunjang gairah seksual pria.
c.       Meningkatkan kemampuan mental dan fisik
d.      Meningkatkan energi, ketahanan dan stamina
e.       Mengatasi kelelahan mental
f.       Membantu menyembuhkan disfungsi ereksi dan meningkatkan jumlah sperma
g.      Sirkulasi darah yang lancer dan membakar lemak
h.      Meningkatkan kadar testosteron & mempertahankannya.
i.        Mengencangkan kulit dan otot.
Tongkat Ali telah lama digunakan secara tradisional sebagai afrodisiak dan perangsang libido. Banyak penelitian ilmiah yang mendukung dan memperlihatkan bahwa Tongkat Ali dapat mendorong fungsi seksual. Juga dipercaya dapat membantu produksi testosteron (efek anabolik) dan mengurangi kadar testosteron yang terikat dan tidak aktif di dalam tubuh.
Sebagai akibatnya, pengguna Tongkat Ali umumnya melaporkan bahwa mereka merasa lebih sehat, hasrat seks meningkat, sendi-sendi lebih sehat, lebih cepat pulih sehabis olahraga berat, perbaikan kemampuan berpikir, perbaikan fungsi sistem kekebalan tubuh dan menurunkan lemak tubuh.
Daun Tongkat Ali Eurycoma L Jack (Tongkat Ali) telah terbukti sebagai stimulan yang kuat terhadap Testosteron. Tumbuhan ini khususnya dikenal di Asia karena kemampuannya meningkatkan kadar Testosterone pria hingga 440%. Hal ini disebabkan oleh pengaruhnya terhadap keseimbangan hormon sehingga memicu produksi testosteron dalam tubuh secara alami.
Ekstrak Tongkat Ali mengandung komponen utama berupa zat fenol, tanin, polisakarida dengan berat molekul yang besar, glokoprotein, dan mukopolisakarida. Diyakini bahwa bahan-bahan larut air ini secara alami berkhasiat untuk meningkatkan kesanggupan untuk merangsang produksi testosteron dan untuk menjaga kesehatan.
Ekstrak serbuk Tongkat Ali adalah suatu perangsang seksual alami yang dirancang untuk meningkatkan stamina seksual, menstimulasi dan menyuburkan. Sehingga wajar di Malaysia, Thailand, dan Indonesia Tongkat Ali dikenal sebagai obat kuat atau obat perangsang seksual.
Testosteron merupakan salah satu hormon utama dari sejumlah hormon seks pria atau androgen yang dihasilkan oleh  kelenjar-kelenjar gonad. Produksi dari hormon ini memicu pembelahan sel dari saluran reproduksi pria semasih embrio, penurunan testes masuk ke dalam kantung skrotum dan perkembangan lanjutan pada saluran reproduksi dan penis selama masa pubertas dan pematangan sperma.Testosteron juga berperan dalam memperkembangkan dan mempertahankan libido (hasrat seksual) dan perilaku pria.
Testosteron juga memiliki peran non seksual lain dimana Ia memenuhi fungsi penting dalam biosintesa protein untuk mempercepat pembentukan otot, meningkatkan pembentukan sel darah merah. Mempercepat masa regenerasi dan pemulihan sehabis sakit atau setelah terluka. Testosterone juga memicu seluruh aktivitas metabolis khususnya pada jalur metabolisme dan pembakaran lemak.
Penelitian menunjukkan bahwa selama pubertas, kondisi puncak dari produksi Testosteron sepanjang hidup seseorang adalah pada umur 25 tahun dan menurun secara stabil seiring umur bertambah. Beberapa studi klinis menunjukkan bahwa secara umum, produksi Testosteron menurun sebanyak 2% per tahun terhitung sejak umur 30 tahun. Pada usia 60 tahun, Testosterone yang diproduksi hanyalah sebanyak 45-50%. Penurunan yang lebih ekstrim terjadi pada perokok berat dan alkoholik.
Resiko penurunan Testosteron
a.       Osteoporosis and keretakan tulang pinggul
b.      Penyakit  jantung dan serangan jantung
c.       Stroke dan penyakit dan kelainan pembuluh darah jantung
d.      Kanker prostat
e.       Senile dementia (penurunan daya pikir karena penuaan)
Manfaat dari Testosteron
a.       Memperbaiki kemampuan seksual pria
b.      Tulang menjadi  lebih kuat
c.       Meningkatkan kepadatan otot
d.      Mengurangi lemak tubuh
e.       Meningkatkan laju pembakaran energi dan fosforilasi oksidatif
f.       Mengurangi stress
g.      Meningkatkan fungsi otak termasuk daya ingat
Cara Kerja Tongkat Ali
Tongkat Ali secara alami merangsang testes untuk menghasilkan testosteron dengan cara merangsang hipotalamus dan kelenjar penghasil hormon dan bukannya menambahkan testosteron dari luar. Testosteron buatan (hormon steroid anabolik) memang bisa memasok testosteron untuk tubuh, namun dapat mengganggu seksualitas pria, seperti pengecilan penis dan testes. Jika kadar testosteron ditingkatkan, hormon-hormon seks seperti androgen dan esterogen akan memerintahkan tubuh untuk menghentikan produksinya, dan ini disebut umpan balik negatif. Tongkat Ali mencegat umpan balik negatif ke hipotalamus dan ke kelenjar penghasil hormon tersebut, yang menyebabkan tubuh terus memproduksi testosteron ke tingkat yang tinggi. Karena testes penuh dengan testosteron, penis dan buah pelir akan membesar.
Tongkat Ali beraksi meningkatkan produksi testosteron. Peningkatan sintesis hormon akan membutuhkan waktu hingga efeknya terlihat. Manfaatnya akan semakin terasa seiring waktu penggunaan. Efek terbaik akan terasa dalam 1 minggu jika digunakan tanpa terputus atau terus menerus. Ketika kadar testosteron meningkat dalam tubuh, kesehatan dan vitalitas juga akan akan pulih. Tongkat Ali tidak bekerja seperti afrodisiak lain yang berkhasiat instant. Tongkat Ali harus dikonsumsi secara teratur selama jangka waktu tertentu. Cara kerjanya berbeda dari yang lain. Efek terbaik akan dirasakan setelah satu minggu jika digunakan secara teratur tanpa terputus.
Ekstrak Tongkat Ali dan Seks:
a.       Afrodisiak (Perangsang).
b.      Meningkatkan Libido – menjadi lebih sering.
c.       Kesuburan – memperbanyak jumlah sperma (kualitas dan kuantitas).
d.      Meningkatkan kemungkinan mendapatkan anak laki-laki dari 2:2 menjadi 3:1.
Ekstrak Tongkat Ali dan Olahraga:
a.       Penambah tenaga alami – peningkat kadar testosteron –
b.      Fungsi metabolik testosteron.
c.       Pembentukan sel sperma, pertumbuhan sifat seks sekunder.
d.      Fungsi metabolik lainnya, pembentukan otot.
e.       Meningkatkan massa otot terutama serat otot gerak.
f.       Meningkatkan kekuatan.
g.      Prima, badan terasa segar, bergerak lebih cepat, kuat dan luar biasa

7.      Jamur liar Cordyceps
Jamur yang cukup jarang ditemukan bernama Cordyceps sinensis telah digunakan dalam pengobatan China lebih dari 2000 tahun, kebanyakan untuk keperluan meningkatkan kekebalan tubuh dan mempercepat penyembuhan dari sakit. Tapi rupanya tidak hanya untuk keperluan itu saja, karena jamur ini juga dapat membuattubuh Anda lebih fit.
            Para peneliti di Rippe  Lifestyle Institute di Shrewsburry, Massachusetts memberikan sekelompok pria (131) dan wanita usia antara 40 hingga 70 tiga gram suplemen cordyceps setiap hari selama 12 minggu. Di akhir penelitian, para partisipan ini mengalami peningkatan  kapasitas erobik dan daya tahan tubuh, meski tidak menjalani latihan fisik.
            Tentu saja hal ini merupakan kabar baik bagi mereka yang ingin memulai program fitnes kembali setelah lama tidak menjalankannya. Dan juga baik untuk mereka yang ingin meningkatkan stamina setiap hari.
Secara tradisional cordyceps telah digunakan sebagai antipenuaan, meningkatkan daya tahan tubuh, dan juga bersifat afrodisiak.
Selain itu Cordyceps dapat :
a.       meningkatkan system imun
b.      memaksimalkan asupan oksigen oleh tubuh
c.       membangun otot
d.      meningkatkan fungsi ginjal, lever serta paru-paru
e.       mengatasi gangguan fungsi seksual pria.
Tong Chong Xia Cao (Cordyceps sinensis) adalah obat China tradisional yang termahsyur, merupakan salah satu dari Tiga Suplemen Gizi Besar bersama dengan ginseng dan lurong. Cordyceps sinensis sangat langka dan sangat sulit diperoleh, sehingga termasuk obat berharga dan mendapat sebutan “emas obat”
Cordyceps sinensis mengandung kira-kira 7% asam cordyceps sinensis, 25% protein, 8,4% lemak (di antaranya 82,2% merupakan asam lemak tak jenuh); mengandung 20 jenis asam amino (termasuk 8 jenis asam amino yang diperlukan tubuh manusia); banyak mengandung vitamin, mineral, ergosterol, hexoserol, dan berbagai basa dan enzim biologis.
Pada “Kitab Obat-obatan Herbal Edisi Baru” tahun 1757 dan “Kumpulan Kitab Obat-obatan Herbal” tahun 1759 dan berbagai kitab kedokteran China, terdapat cacatan rinci tentang Cordyceps sinensis ini. Obat ini rasanya hambar dan bersifat hangat, dapat mengobati paru-paru dan ginjal berfungsi sama seperti ginseng, dapat memberi gizi, meningkatkan energi, memberi gizi pada ginjal dan memelihara paru-paru, berkhasiat menghentikan pendarahan dan menghilangkan radang. Sering digunakan untuk mengobati batuk kronis lama, asma, berkeringat banyak, lemah syahwat, dan sebagainya; juga dapat membantu pemulihan dari sakit, dan memberi gizi untuk tubuh lemah yang sering sakit.
Penelitian yang dilakukan di Beijing Medical University di Cina dan Jepang memperlihatkan hasil yang menggembirakan. Setidaknya sekitar 64 persen pria yang mengalami impotensi berhasil mengatasi masalah seksualnya tersebut setelah diberi cordyceps.
Uji klinis lain yang dilakukan Hunan Medical University menunjukkan bahwa cordyceps sangat luar biasa efektif dalam rileksasi otot halus pada penis. Akibatnya, aliran darah lebih mudah masuk dan membuat pria mampu berereksi selama beberapa waktu.
Selain itu, kandungan yang terdapat pada cordyceps juga berguna sebagai obat penguat, sehingga dapat meningkatkan energi dan vitalitas tubuh. Itu sebabnya, cordyceps juga berguna bagi orang yang mengalami kelelahan. Dengan cordyceps, stamina tubuh akan kembali seperti sedia kala.
Kemudian, cordyceps juga diyakini dapat melancarkan aliran darah serta menurunkan kolesterol. Sebuah studi yang melibatkan sembilan rumah sakit dengan 273 pasien setidaknya membuktikan hal tersebut.
Setiap hari, selama dua bulan, setiap pasien diberikan 3 gram cordyceps (setara dengan empat kapsul cordyceps). Hasilnya, kadar kolesterol dan trigliserida pasien turun hingga 17 dan 9 persen, sedangkan kolesterol baik HDL (high density lipoprotein) meningkat hingga 27 persen. Hasil lain yang juga dibuktikan oleh laboratorium adalah bahwa penggunaan suplemen cordyceps selama tujuh hari berturut-turut hingga 80 gram nyatanya tidak memberikan efek negatif pada tubuh.
Secara umum, cordyceps merupakan tonik yang dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh serta memperbaiki fungsi organ tubuh. Dua organ yang kerap disebut adalah paru-paru dan ginjal. Karena itu, cordyceps sering dilambangkan dengan emas dan air. Emas merupakan lambang dari paru-paru, sedangkan air melambangkan ginjal.
8.      Herba Epimedii
Herba epimedi berasal dari tanaman Epimedium grandiflorum.Sejak 2000 tahun lalu, Herba epimedii di daratan Cina digunakan sebagai pemacu gairah seksual alami (Natural afrodisiak) dengan kandungan alkaloid Icariin.
Aktifitas farmakologi herba epimedii :
a.       Membantu ereksi yang lebih keras dan tahan lama dengan cara melebarkan pembuluh darah kapiler
b.      Meningkatkan motivasi/gairah seksual
c.       Meningkatkan produksi androgen (hormon seksual pria)
d.      Memperbaiki jumlah sperma pada pria
Research Herba epimedii :
a.       M D Dr Steven Lamm, menunjukkan hasil bahwa dari 13 dari 20 pria menunjukkan peningkatan dan perbaikan fungsi seksual setelah diberikan herba epimedii
b.      Kee Chang Juang, Ph.D, Professor Emeritus of Pharmacology at the University of Louisville, Kentucky, mengklaim bahwa pada penelitian laboratorium, Epimedium terbukti mempunyai efek stimulasi seksual bagi pria dan wanita dan juga membantu pertumbuhan alat kelamin pria. Juga dibuktikan bahwa Epimedii meningkatkan fungsi ereksi dan meningkatkan produksi sperma.
c.       Di Chinese Materia Medica, pharmacist, You-Ping Shu, Ph.D, melaporkan bahwa:
d.      Percobaan di laboratorium pada hewan menunjukkan adanya peningkatan cairan sperma.
-          74.6 % efektif untuk mengatasi bronchitis
-          Mengurangi rasa lelah, meningkatkan energy, stamina dan vitalitas
e.       Penelitian juga memperlihatkan bahwa Epimedii dapat meningkatkan metabolisme tubuh, yang akhirnya meningkatkan stamina fisik .
9.      Buah-Buahan
Di antaranya pisang, nanas, wortel, alpukat, mangga, persik, dan stroberi. Pisang kaya potasium dan vitamin B yang bagus untuk membantu produksi hormon seksual serta kandungan enzim bromelain untuk kualitas seksual pria. Nanas mengandung enzim bromelain untuk meningkatkan libido kaum pria, sumber potasium, dan riboflavin yang bisa meningkatkan level energi seluruh tubuh. Wortel kaya beta karoten yang bagus untuk kesehatan secara keseluruhan. Suku Aztec menyebut alpukat sebagai ahuacatl alias pohon buah zakar, karena bentuknya yang memang mirip alat vital pria.Kandungan alpukat tinggi asam folat yang membantu proses metabolisme protein untuk memberi energi lebih pada tubuh, vitamin B6 (nutrisi yang bisa meningkatkan produksi hormon pada pria), dan potasium yang membantu meregulasi kelenjar thyroid pada wanita. Sedangkan mangga, persik, dan stroberi, memiliki kandungan vitamin C cukup tinggi yang erat kaitannya dengan menjaga stamina tetap prima.
10.  Seledri
            Mungkin makanan ini bukanlah yang pertama 'nyantol' di pikiran Anda dalam kaitannya dengan aktifitas seksual. Namun sebenarnya seledri adalah makanan yang 'fantastis' sebagai sumber untuk menstimulasi gairah seksual karena mengandung androsterone, yakni jenis hormon 'anti-bau' yang dilepaskan melalui kelenjar keringat yang bisa membangkitkan gairah seksual wanita. Seledri mentah sangat nikmat disantap.
















BAB III
PENUTUP
A.          KESIMPULAN
1.      Alam sudah menyediakan segala jenis obat termasuk untuk keluhan seputar stamina pria
2.      Selain berolahraga ter­atur dan istirahat yang cukup, mengonsumsi tanaman tertentu dipercaya dapat meningkatkan stamina pria
3.      Mengkonsumsi bahan dari alam tentu akan lebih sedikit resikonya daripada mengkonsumsi obat dari bahan kimia
4.      Beberapa tanaman yang berpotensi meningkatkan stamina pria memiliki efek samping yang berbahaya bila dosis konsumsi tidak sesuai dengan yang dianjurkan.
5.      Perlu adanya penelitian yang lebih lanjut terhadap beberapa tanaman yang berpotensi meningkatkan stamina pria

B.           SARAN
1.      Lebih baik mengkonsumsi obatdari bahan alam daripada obast dari bahan kimia yang mempunyai banyak efek samping
2.      Sebenarnya untuk mendapatkan stamina yang baik, cukup dengan memelihara emosi, memelihara kondisi tubuh, istirahat secara teratur dan olahraga teratur
3.      Sebaiknya para ahli segera mengadakan penelitian lebih lanjut mengenai tanaman yang berpotensi sebagai peningkat stamlina pria, sehingga didapatkan informasi secara jelas apakah tanaman tersebut memang dapat meningkatkan stamina pria
4.      Apabila ingin mengonsumsi obat dari beberapa tanaman, hendaknya memperhatikan dosisnya, sehingga tidak terjadi efek samping yang negative

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Tulis Komentar !!!