Rabu, 26 Januari 2011

PENYAKIT TROPIS TERABAIKAN

Sumber 
Laporan Pertama World Health Organization (WHO) Mengenai Penyakit Tropis Terabaikan

Apa Penyakit Tropis Terabaikan ?

Penyakit tropis yang terabaikan adalah kelompok penyakit menular yang berkembang di daerah miskin dan menghancurkan kehidupan sekitar satu miliar orang di seluruh dunia, sementara mengancam jutaan lebih kesehatan. Dari 2,7 miliar orang termiskin di dunia (didefinisikan sebagai orang-orang yang hidup dengan penghasulan kurang dari US $ 2.00 per hari), lebih dari 1 miliar  dipengaruhi oleh satu atau lebih penyakit tropis terabaikan. Penyakit ini tidak hanya bertahan hidup dan menyebar dalam kondisi kemiskinan, mereka juga memperburuk dan mengabadikan kemiskinan masyarakat yang terkena dampak.
Setelah tersebar luas, banyak penyakit tropis terabaikan sekarang terkonsentrasi di daerah pedesaan terpencil yang dan juga di daerah perkotaan kumuh dan daerah konflik. Sebagian besar penyakit ini secara bertahap menghilang di berbagai belahan dunia karena peningkatan standar hidup dan kebersihan. Mereka menyebabkan kebutaan, cacat, kelainan atau melukai orang-orang yang terpengaruh. Lain seperti demam berdarah dan rabies tersebar luas dan jangkauan geografis mereka meningkat terus menerus karena infeksi menyebar ke daerah baru.
Laporan ini memusatkan pada 17 penyakit tropis terabaikan dan kelompok penyakit. Ada 149 negara dan teritori di mana penyakit tropis terabaikan merupakan endemik, setidaknya 100 dari yang endemik untuk 2 atau lebih penyakit ini, dan 30 negara yang endemik untuk 6 atau lebih. Penyakit tersebut dapat dilihat sebagai promotor dari kemiskinan yang melemahkan populasi miskin, menggagalkan pencapaian Tujuan Pembangunan Milenium yang berkaitan dengan Tujuan Kesehatan dan menghambat hasil pembangunan global. Sebuah evaluasi yang lebih handal yang penting untuk kesehatan umum dan ekonomi telah meyakinkan pemerintah, donor, industri farmasi dan badan lainnya, termasuk organisasi nonpemerintah, untuk berinvestasi dalam mencegah dan mengendalikan penyakit ini, namun terhubung, kelompok penyakit.

Penyakit tropis terabaikan termasuk berbagai penyakit yang disebabkan oleh individu patogen, dan kelompok kondisi yang disebabkan oleh spesies mikroba terkait. Kotak di bawah ini adalah daftar 17 kondisi yang dipertimbangkan dalam laporan ini. Sebagian besar penyakit dalam kelompok ini adalah penyakit parasit, yang disebabkan oleh berbagai protozoa dan cacing parasit. Banyak dari mereka yang menyebar dengan host hewan seperti anjing, ikan dan udang-udangan atau oleh vektor seperti nyamuk, blackflies, keong, sandflies, lalat Tsetse, serangga dari ordo hemiptera  dan lalat rumah. Lain seperti dracunculiasis dan (sebagian) sistiserkosis, echinococcosis dan fascioliasis ditularkan oleh air yang terkontaminasi, sementara helminthiasis ditularkan melalui tanah yang terkontaminasi dengan telur cacing parasit. Manusia rabies infeksi biasanya terjadi setelah gigitan transdermal atau awal oleh hewan yang terinfeksi, sering kali seekor anjing, di negara berkembang; siklus transmisi yang diabadikan dalam kondisi pencemaran lingkungan dan rendahnya standar hidup dan kebersihan. Bagian yang istimewa dari penyakit utama diringkas dalam Lampiran.
Penyakit Tropis Terabaikan yang Utama
Dengue
Rabies
Trachoma
Borok Buruli
Treponematoses endemik (termasuk frambosia)
Leprosy
Penyakit Chagas (Trypanosomiasis America)
Trypanosomiasis Orang Africa (Penyakit Tidur)
Leishmaniasis
Cysticercosis
Dracunculiasis (Penyakit Cacing Guinea)
Echinococcosis
Infeksi Trematoda Foodborne
Lymphatic filariasis (elephantiasis)
Onchocerciasis (river blindness)
Schistosomiasis (bilharziasis)
Helminthiases Melalui Tanah (Cacing Parasit Usus)

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) merekomendasikan lima strategi kesehatan masyarakat untuk pencegahan dan pengendalian penyakit tropis terabaikan :
1.    Memperluas pengetahuan tentang pencegahan
2.    Mengintensifkan penemuan kasus dan manajemen kasus
3.    meningkatkan pengendalian vektor
4.    Tindakan kesehatan masyarakat mengenai penyakit hewan
yang sesuai, dan
5.    Persediaan air bersih, sanitasi dan kebersihan
Meskipun satu pendekatan mungkin mendominasi untuk mengontrol penyakit atau kelompok penyakit tertentu, bukti menunjukkan bahwa kontrol yang lebih hasilnya efektif bila semua lima pendekatan dikombinasikan dan diberikan secara lokal.
Tindakan untuk mengatasi penderitaan yang disebabkan oleh penyakit tropis terabaikan dan menilai bagaimana dampak meluasnya pada sektor lain selain kesehatan :
1.      mempromosikan pembangunan dengan memutus siklus kemiskinan dan penyakit;
2.      memelihara keamanan dengan mengurangi kerentanan populasi manusia dan ternak mereka terhadap infeksi, dan
3.      memperkuat sistem kesehatan dengan menanamkan strategi pendekatan dan campur tangan yang sesuai secara lokal dalam program kesehatan nasional.

Apa Pekerjaan yang Sedang Dilakukan untuk Menanggulangi
Penyakit Tropis Terabaikan ?

Kegiatan untuk mencegah dan mengendalikan penyakit tropis terabaikan kini disertakan dalam kebijakan dan anggaran negara endemik. Hal ini mengakibatkan perkembangan intervensi yang sesuai dengan sistem kesehatan yang ada, seringkali dengan dukungan dari mitra pelaksana.
Keterlibatan industri farmasi dan sumbangan berikutnya dibuat untuk mendukung pengendalian penyakit tropis terabaikan harus meningkatkan akses terhadap obat-obatan berkualitas tinggi dengan biaya rendah atau gratis untuk ratusan juta orang miskin.
Upaya global untuk mengendalikan penyakit "tersembunyi", seperti dracunculiasis (penyakit cacing guinea), kusta, schistosomiasis, filariasis limfatik dan patek, telah menghasilkan keuntungan kesehatan progresif termasuk pemberantasan dekat dari dracunculiasis. Sejak 1989 (ketika sebagian besar negara-negara endemik mulai melakukan pelaporan bulanan dari setiap desa endemik), jumlah kasus dracunculiasis mulai menurun dari 892 055 di 12 negara endemik menjadi 3190 di 4 negara pada tahun 2009, turun lebih dari 99%.
Di Afrika dan Asia, vaksin diberikan untuk pasca pajanan rabies profilaksis diperkirakan mencegah sekitar 272 000 kematian setiap tahun.
Secara keseluruhan, lebih dari 670 juta orang di 75 negara diuntungkan dari pengetahuan pencegahan untuk penyakit yang disebabkan oleh cacing parasit selama tahun 2008. Limfatik filariasis, onchocerciasis, schistosomiasis, Cacing melalui tanah dan trachoma dikendalikan terutama melalui pendekatan ini. Ini adalah kelompok kondisi dengan beban penyakit yang tinggi untuk perawatan yang aman dan sederhana yang tersedia.
Jumlah kasus baru dari bentuk kronis trypanosomiasis orang Afrika (yang disebabkan oleh T. b. gambiense) telah menurun 62%, dari 27 862 di 1999 menjadi 10 372 tahun 2008, dan jumlah kasus baru dilaporkan dari bentuk akut (yang disebabkan oleh T. b. rhodesiense) telah menurun 58%, dari 619 menjadi 259, terutama disebabkan oleh diintensifkan deteksi kasus dan manajemen kasus.
Kebutuhan untuk pengawasan dan kapasitas respon tetap terus menerus  dicontohkan oleh penyebaran demam berdarah baru-baru ini. Dari 2001 sampai 2009, total 6 626 950 kasus dilaporkan WHO dari lebih dari 30 negara di Daerah Amerika, dimana empat serotipe virus beredar. Selama periode ini, ada 180 216 kasus demam berdarah haemorrragic dan 2.498 kematian. Dengue telah bangkit kembali di sebagian daerah karena pengawasan dan pengendalian vektor yang sukses belum lancar setelah kampanye untuk memberantas nyamuk Aedes aegypti, vektor utama demam berdarah, selama 1960-an dan awal 1970-an. Peledak jangkitan berdarah sekarang terjadi setiap 3-5 tahun. Asia Tenggara daerah rekening untuk kebanyakan kematian, namun penurunan tingkat kasus kematian sejak tahun 2007 telah dikaitkan terutama untuk pelatihan yang efektif dalam standar manajemen kasus berdasarkan jaringan keahlian dan materi pelatihan yang dikembangkan oleh Negara-negara Anggota di wilayah tersebut. Saat ini, kasus DBD dilaporkan dari lima WHO enam wilayah, dan negara berkembang menjadi beresiko.
Meningkatkan kesediaan dan komitmen mitra komunitas lokal dan global untuk bekerja dengan negara-negara endemik telah membawa sumber daya, inovasi, keahlian dan advokasi untuk upaya mengatasi penyakit tropis terabaikan. Lintas kolaborasi, yang melibatkan pendidikan, gizi dan pertanian, termasuk kesehatan hewan dan perlindungan lingkungan juga memperkuat pengendalian penyakit tropis terabaikan.

 Apa Tantangan untuk Masa Depan ?

Ini pertama kali laporan WHO mengenai penyakit tropis terabaikan juga mengidentifikasi tantangan yang harus dihadapi jika keberhasilan dalam pencegahan dan pengendalian harus dipertahankan dan diluas.
Dukungan Internasional. Meskipun kendala ekonomi global, bilateral dan internasional, dukungan dari negara-negara, badan-badan pembangunan dan organisasi non pemerintah (LSM) perlu dipertahankan. Komitmen ini harus mendorong orang lain untuk memperluas dukungan mereka untuk mengembangkan layanan yang dibutuhkan untuk mengatasi penyakit tropis terabaikan.
Faktor-Faktor Lingkungan. Perencanaan untuk pengembangan dan pengendalian penyakit tropis terabaikan harus mempertimbangkan efek penyerapan perbatasan, pertumbuhan penduduk dan migrasi, urbanisasi, gerakan ternak dan vektor, dan konsekuensi politik dan geografis perubahan iklim. Beberapa faktor-faktor ini membantu untuk menjelaskan, misalnya, penyebaran internasional yang meningkat pesat pada dengue.
Respon Tepat Waktu. Sebagai intervensi kontrol menjangkau lebih banyak orang dan teknologi baru menerima, respon lebih cepat akan perlu dibuat untuk informasi tentang transmisi, epidemiologi dan beban diabaikan penyakit tropis. Demikian pula, manajer program harus bereaksi dengan cepat untuk informasi mengenai kepatuhan, cakupan, penerimaan dan dampak intervensi.
Keahlian Khusus Profesional. Keahlian dalam individu penyakit tropis terabaikan kurang di beberapa negara, dan terus menurun dalam pada lainnya. Penurunan ini ditandai keahlian di bidang  pengendalian vektor, kasus-manajemen, pengelolaan pestisida dan hewan, aspek kesehatan masyarakat, dan harus ditangani sebagai prioritas. Sebagai contoh, cara yang paling efektif untuk mencegah dan kontrol rabies tidak dikenal atau dipahami dengan baik di banyak negara di mana penyakit ini ada. Sebagai perluasan meningkatkan pencegahan dan pengendalian kegiatan, kebutuhan untuk memperkuat sistem kesehatan, dan untuk melatih dan mendukung staf teknis dan keahlian manajemen, akan menjadi lebih penting.
Obat untuk Pencegahan Dan Pengobatan.- Target untuk cakupan  ditetapkan oleh World Health Assembly (Majelis Kesehatan Dunia) untuk mengendalikan filariasis limfatik, schistosomiasis, penyakit cacing melalui tanah dan trachoma tidak bertemu, khususnya di WHO daerah Afrika dan Asia Tenggara, kecuali pelaksanaan pengetahuan pencegahan yang meningkat secara substansial. Pada tahun 2008, hanya 8% orang dengan schistosomiasis memiliki akses ke highquality obat-obatan. Sumbangan praziquantel dari sektor swasta, dan dana untuk produksinya, tidak cukup untuk memberikan jumlah obat-obatan penting yang dibutuhkan untuk mengendalikan schistosomiasis. Ketentuan obat untuk mengobati cacing usus melalui media tanah juga meningkat secara signifikan. Produksi obat-obatan yang digunakan untuk mengobati penyakit tropis terabaikan perlu dibuat lebih menarik bagi perusahaan yang membuat obat-obat generik.
Penelitian. Strategi penelitian diperlukan untuk pengembangan dan implementasi baru obat-obatan, terutama untuk leishmaniasis dan trypanosomiasis; teknologi dan aplikasi baru produk untuk pengendalian vektor; vaksin untuk demam berdarah, dan diagnostik baru yang akan diakses semua yang membutuhkannya.
  
Bagaimana WHO Memfokuskan Pendekatan?

Pada tahun 2003, WHO memprakarsai pergeseran paradigma dalam mengontrol dan penghapusan dari sekelompok penyakit tropis terabaikan. Ini melibatkan perubahan strategis yang penting, dari pendekatan tradisional berpusat pada penyakit tertentu bagi suatu respon yang terintegrasi untuk kebutuhan kesehatan masyarakat miskin dan terpinggirkan. Dari perspektif kesehatan masyarakat, yang diterjemahkan berubah menjadi langkah-langkah preventif dan penyediaan perawatan dan pengobatan untuk pengiriman populasi terlayani melalui aplikasi campur tangan berdasarkan alat yang digunakan untuk pengawasan penyakit tropis terabaikan.
Tujuan ini menjadi jelas ditajamkan pertemuan yang diadakan di Berlin, Jerman Bulan Desember 2003, yang mana ahli dari berbagai bidang melakukan sidang, termasuk kesehtan masyarakat, ekonomi, hak asasi, penelitian, LSM, dan industri farmasi. Pertemuan mengatur adegan bagi WHO untuk bergerak maju dalam penerapan pendekatan baru dalam kebijakan strategis dan merumuskan cara memberikan masyarakat miskin dengan solusi yang efektif dan komprehensif
untuk beberapa masalah kesehatan utama mereka. Dari 2003 sampai 2007, kerangka kerja yang dikembangkan untuk mekanisme terkoordinasi dan terpadu untuk mengatasi penyakit tropis yang terabaikan.
Setelah pertemuan kedua mitra di Berlin pada tahun 2005, WHO mengusulkan bahwa samar-samar didefinisikan istilah "penyakit menular lainnya" diubah menjadi lebih tajam terfokus "penyakit tropis terabaikan". Perubahan ini dikemas rapi pergeseran paradigma bertanggung jawab atas pendekatan baru untuk berurusan dengan penyakit tropis terabaikan. Perubahan ini mengakui bahwa pengawasan penyakit tropis terabaikan dapat dicapai jika tiga syarat terpenuhi :
1.    perhatian dan tindakan diberikan kepada kebutuhan kesehatan dari populasi yang dipengaruhi oleh penyakit tropis terabaikan dan bukan untuk penyakit individu;
2.    turun tangan untuk memberikan pengobatan yang terintegrasi dengan langkah-langkah kontrol; dan
3.    advokasi berbasis bukti ditempatkan berdasarkan rencana digunakan untuk menghasilkan sumber daya untuk pengendalian dari masyarakat internasional.
Pada bulan April 2007, WHO mengadakan pertemuan pertama Global Partner (Mitra Global) mengenai penyakit tropis terabaikan, yang dihadiri oleh lebih dari 200 peserta, termasuk wakil-wakil dari Negara-negara Anggota, badan PBB, Bank Dunia, yayasan filantropis, universitas, perusahaan farmasi, LSM internasional dan lembaga-lembaga lain yang didedikasikan untuk memberikan kontribusi upaya dan sumber daya mereka dalam menangani penyakit ini.
Para peserta mengakui bahwa titik balik telah dicapai dalam upaya untuk mengatasi penyakit tropis terabaikan: konsep "terabaikan" akan membatasi pada sejarah kesehatan masyarakat.
  
Apa Saja Ciri Umum Penyakit Tropis Terabaikan ?

17 penyakit tropis terabaikan digambarkan dalam laporan beberapa ciri khas umum, terutama dampaknya terhadap kehidupan penduduk dalam kemiskinan, seperti yang dijelaskan di bawah ini :
Fitur umum penyakit tropis terabaikan
Sebuah proxy untuk kemiskinan dan merugikan
Penyakit tropis yang terabaikan memiliki dampak yang sangat besar pada individu, keluarga dan masyarakat dalam mengembangkan negara dalam hal beban penyakit, kualitas hidup, hilangnya produktivitas, tingginya biaya perawatan jangka panjang dan memperburuk kemiskinan. Mereka merupakan hambatan serius untuk pembangunan sosial ekonomi dan kualitas
hidup di semua tingkat.
Mempengaruhi populasi dengan visibilitas yang rendah dan suara politik sedikit
Kelompok penyakit ini sebagian besar mempengaruhi orang berpenghasilan rendah dan sering secara politik terpinggirkan tinggal di daerah pedesaan terisolasi dan perkotaan dibawah pelayanan. Orang-orang seperti tidak bisa dengan mudah mempengaruhi administrasi dan keputusan pemerintahan yang mempengaruhi kesehatan mereka, dan sering tampaknya tidak memiliki konstituen yang berbicara atas nama mereka. Penyakit yang berhubungan dengan kemiskinan pedesaan dan perkotaan mungkin berdampak kecil terhadap pengambilan keputusan dalam kota golongan kapitalis dan perkembangan populasi mereka.
Tidak Menyebar Secara Luas
Tidak seperti influenza, HIV / AIDS, dan malaria dan, pada tingkat lebih rendah, TB, kebanyakan penyakit tropis terabaikan umumnya tidak menyebar luas, dan sedikit ancaman hadir untuk negara berpenduduk dengan pendapatan tinggi. Sebaliknya, distribusi mereka dibatasi oleh iklim dan dampaknya terhadap distribusi vektor dan host reservoir, karena sebagian besar penyakit, ada sedikit risiko penularan di luar daerah tropis.
Penyebab aib dan diskriminasi, khususnya yang mempengaruhi perempuan muda dan tua
Banyak penyakit tropis terabaikan menyebabkan pengrusakan dan kecacatan, yang menyebabkan aib dan diskriminasi sosial. Dalam beberapa kasus, dampaknya tidak proporsional mempengaruhi anak perempuan dan wanita, yang dapat mengurangi prospek pernikahan atau yang dapat dibiarkan rentan terhadap pelecehan dan pengabaian. Beberapa penyakit tropis terabaikan berkontribusi merugikan kehamilan.
Memiliki dampak penting terhadap morbiditas dan mortalitas
Meluasnya pengaruh dari asumsi masyarakat internasional bahwa orang yang beresiko penyakit tropis terabaikan mengalami morbiditas relatif kecil, dan bahwa penyakit ini memiliki tingkat kematian yang rendah, secara komprehensif telah dibantah. Sebuah bukti besar yang dipublikasikan dalam peer-review medis dan
jurnal ilmiah, telah menunjukkan sifat dan besarnya dampak buruk penyakit tropis terabaikan
Relatif terabaikan oleh penelitian
Penelitian dibutuhkan untuk mengembangkan obat-obatan berkualitas tinggi, alat diagnostik dan kontrol vektor dan membuat akses campur tangan untuk mencegah, mengobati dan mengelola komplikasi dari semua penyakit tropis terabaikan.
Dapat dikendalikan, dicegah dan mungkin dihilangkan menggunakan solusi yang efektif dan layak
Kelima intervensi strategis yang direkomendasikan oleh WHO (pengetahuan tentang pencegahan; mengintensifkan manajemen kasus;
kontrol vektor; penyediaan air bersih, sanitasi dan kebersihan; dan pelayanan kesehatan masyarakat dan hewan) membuat kontrol layak, pencegahan dan bahkan penghapusan beberapa penyakit tropis terabaikan.
Biaya relatif rendah.

 Apa Pendekatan Strategi Baru ?

Pelaksanaan Kemotropi Preventif. Strategi pertama digunakan untuk menyampaikan obat-obatan anthelminthic dengan menggunakan pendekatan berbasis populasi berfokus pada optimasi penggunaan obat tunggal administrasi ditargetkan secara bersamaan di lebih dari satu bentuk helminthiasis. Upaya untuk mengatasi infeksi cacing secara terkoordinasi dapat ditelusuri kembali ke resolusi World Health Assembly WHA54.19 2001 pada schistosomiasis, dan infeksi cacing melalui media tanah, yang menetapkan tujuan umum dan tujuan untuk pencegahan dan kontrol.
Lima tahun kemudian pada tahun 2006, konsep ini dikembangkan lebih lanjut ketika WHO menerbitkan manual pada pengetahuan preventif untuk helminthiasis merekomendasikan pelaksanaan terpadu intervensi terhadap empat penyakit cacing utama (filariasis limfatik, onchocerciasis, schistosomiasis dan cacing usus media tanah) berdasarkan penggunaan terkoordinasi dari satu set kuat obat-obatan anthelminthic dengan catatan keamanan yang mengesankan. Pengetahuan  preventif sekarang diterapkan di seluruh dunia dan digunakan untuk mengobati lebih dari setengah miliar orang setiap tahun. Keberhasilan pengetahuan preventif disebabkan sejumlah faktor, termasuk :
1.        dampak dari kemoterapi preventif dalam mengurangi morbiditas dan mempertahankan penurunan transmisi;
2.        demonstrasi asosiasi infeksi cacing dengan kemiskinan dan kerugian,
dan dari geografis tumpang tindih dari empat infeksi cacing yang utama yang ditargetkan;
3.        menambahkan manfaat mengendalikan sejumlah infestasi parasit tidak secara khusus ditargetkan oleh intervensi (seperti strongyloidiasis, kudis dan kutu);
4.        fleksibilitas pengobatan yang memungkinkan ekspansi tujuannya untuk infeksi cacing yang lain (seperti infeksi trematoda bawaan makanan).
Penggunaan mekanisme yang ada untuk memberikan obat-obatan anthelminthic menyediakan platform untuk target penyakit menular lainnya (seperti trachoma), dan membuka jalan untuk memperluas pendekatan kesehatan masyarakat yang dengan imunisasi.
Peningkatan pengelolaan kasus. Untuk penyakit protozoa dan bakteri, seperti trypanosomiasis pada manusia di Afrika, leishmaniasis, penyakit Chagas dan maag Buruli, fokus baru pada akses yang lebih baik untuk perawatan khusus melalui peningkatan deteksi kasus dan manajemen klinis desentralisasi bertujuan
untuk mencegah kematian, mengurangi morbiditas dan gangguan transmisi.
Lebih baik menggunakan alat yang ada. Perkembangan yang lebih baik, lebih aman, lebih terjangkau dan simple menggunakan metode diagnostik dan obat-obatan harus dipromosikan. Tapi sampai metode baru menjadi
tersedia, fokus tetap pada optimalisasi penggunaan perawatan yang ada dan memperluas akses mereka ke sejumlah besar orang, yang segera dapat mengambil manfaat dari pendekatan strategis yang lebih terkoordinasi, melalui intervensi inovatif dan intensif.
Terpadu pengendalian vektor. Pendekatan untuk mengendalikan vektor juga telah ditinjau dalam secara terang dari kerangka, strategis baru yang terintegrasi. Pengendalian vektor sekarang menjabat sebagai crosscutting penting
Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan dampak dan kinerja kedua kemoterapi preventif dan manajemen kasus. Manajemen vektor terpadu merupakan kombinasi yang efektif dari berbagai intervensi dan bentuk bagian dari kerjasama lintas sektoral dan inter-program dalam sektor kesehatan dan dengan sektor lain, termasuk pertanian dan lingkungan. Tujuannya adalah untuk
meningkatkan efektivitas, efektivitas biaya, kesehatan ekologi dan keberlanjutan tindakan pengendalian penyakit terhadap vektor penyakit tropis terabaikan.
Koordinasi pengendalian zoonosis. Beberapa penyakit tropis terabaikan yang penting adalah penyakit zoonosis, menular melalui host hewan (termasuk sistiserkosis, echinococcosis, trematoda infeksi bawaan makanan, rabies). Ada bukti bahwa pendekatan kesehatan manusia dan hewan tumbuh dengan pengawasan yang lebih baik dan diagnosis akan meningkatkan pencegahan dan pengendalian penyakit terabaikan zoonosis di negara-negara tropis.

Bagaimana Pengawasan Penyakit Tropis Terabaikan
Berkontribusi Untuk Memperkuat Sistem Kesehatan?

Sebuah sistem kesehatan terdiri dari semua organisasi, orang dan tindakan yang utama untuk mempromosikan, memulihkan atau mempertahankan kesehatan. Sistem ini mencakup langsung kegiatan peningkatan aktivitas dan
upaya untuk mempengaruhi faktor-faktor penentu kesehatan. Sebuah sistem kesehatan terdiri dari lebih dari piramida dari fasilitas yang dimiliki publik yang memberikan layanan kesehatan pribadi. Ibu merawat anak yang sakit,
penyedia layanan kesehatan swasta, kampanye vektor-kontrol, organisasi kesehatan asuransi dan kesehatan kerja dan peraturan keselamatan semua merupakan bagian dari sistem kesehatan.
WHO misalnya untuk mendorong Departemen Pendidikan untuk mempromosikan pendidikan perempuan merupakan penentu mengenal lebih baik
kesehatan. Tumbuh pengakuan oleh masyarakat global tidak bisa diterima skala dan tingkat keparahan morbiditas akibat dari penyakit tropis terabaikan, ditambah dengan perubahan dalam berpikir tentang bagaimana mencegah dan mengendalikan mereka, telah memberikan kesempatan untuk berkontribusi untuk memperkuat sistem kesehatan di negara-negara di mana penyakit ini telah
berefek merugikan pada kesehatan dan produktivitas. WHO pendukung pencegahan dan pengendalian penyakit tropis terabaikan menggunakan enam komponen (atau inti blok bangunan) yang akan memperkuat sistem kesehatan dari
negara endemik. Komponen tersebut adalah:
pengiriman yang efektif, kesehatan aman, kualitas yang terjamin
intervensi untuk individu dan masyarakat yang membutuhkan
mereka, kapan dan di mana mereka membutuhkan mereka, dengan minimum
pemborosan sumber daya;
kesehatan tenaga kerja, mampu melakukan tanggung jawab, adil dan efisien untuk mencapai hasil kesehatan terbaik, mengingat sumber daya yang tersedia dan keadaan, dengan staf yang cukup terlatih dan kompeten tepat didistribusikan untuk memenuhi kebutuhan;
sistem informasi kesehatan untuk memastikan produksi, analisis, penyebaran dan penggunaan dapat diandalkan dan tepat waktu informasi mengenai faktor-faktor penentu kesehatan, kinerja sistem kesehatan  dan status kesehatan;
Akses yang Adil terhadap obat-obatan esensial, vaksin dan kualitas teknologi terjamin, keamanan, khasiat dan efektivitas biaya, dan pengiriman mereka ilmiah dan hemat biaya;
sistem pembiayaan kesehatan untuk mengumpulkan dana yang memadai untuk kesehatan dengan cara yang menjamin akses ke layanan untuk semua dan bahwa orang-orang dilindungi dari bencana keuangan atau pemiskinan oleh
biaya kesehatan;
kepemimpinan dan pemerintahan untuk memastikan bahwa kerangka kebijakan strategis ada dan digabungkan dengan pengawasan yang efektif, koalisi-bangunan, peraturan, perhatian ke desain sistem akuntabilitas dan transparan.
Kolaborasi tertutup antara negara-negara WHO, dan mitra mulai menunjukkan bahwa integrasi kontrol penyakit tropis terabaikan dapat membantu memperkuat
sistem kesehatan. Pada tahun 2007, dengan dukungan dari Kongres Amerika Serikat, program dimulai untuk memperluas kontrol dipilih penyakit tropis terabaikan di masyarakat di lima negara di Afrika (Burkina Faso, Ghana, Mali, Niger dan Uganda). Program ini dimulai seperti peningkatan kesadaran pengendalian penyakit tropis yang terabaikan bisa menjadi mekanisme untuk memperkuat sistem kesehatan. Pada tahun 2007, menjelang akhir tahun pertama
program, evaluasi independen dilaporkan bahwa, sementara tingkat integrasi pengendalian penyakit tropis terabaiakn ke dalam sistem kesehatan dari lima
negara adalah variabel (dari parsial untuk sepenuhnya terintegrasi),
ada bukti penguatan melalui peningkatan kapasitas tenaga kerja kesehatan dan melalui pengenalan prosedur pemantauan. Sebagai contoh, distribusi Albendazole, ivermectin, praziquantel dan azitromisin, yang berjumlah sekitar 37 juta dosis, untuk mereka yang membutuhkan tidak akan mungkin terjadi tanpa latihan lebih dari 100 000 orang.
Sekarang banyak digunakan pengaturan untuk merawat anak-anak untuk schistosomiasis dan cacing usus transmisi tanah melalui pengiriman di sekolah dasar juga memberikan kesempatan untuk pendidikan kesehatan. Memberikan instruksi kepada orang-orang tentang cara merawat kerabat atau orang lain dalam komunitas mereka menderita dari morbiditas menonaktifkan dari dracunculiasis dan filariasis limfatik memperkuat sistem kesehatan, dengan demikian meningkatkan pengiriman dan akses yang adil.
Klasifikasi Penyakit Tropis Terabaikan

Dari 17 penyakit tropis terabaikan yang disajikan dalam laporan, 9 disebabkan oleh microparasites dan 8 oleh macroparasites. Klasifikasi ini memungkinkan Anderson dan Mei pada tahun 1991 untuk menjelaskan prinsip-prinsip yang mengatur dinamika populasi, epidemiologi dan perkuliahan infeksi patogen yang sangat merusak kesehatan manusia.
Kebanyakan microparasites memiliki siklus hidup sederhana dan kecenderungan untuk meniru dalam host. Transmisi mungkin (i) langsung, melalui pencemaran lingkungan, (ii) langsung, melalui kontak intim, termasuk rute transplasenta, (iii) tidak langsung, melalui vektor yang mungkin atau mungkin tidak menjadi tuan rumah perantara, atau (iv) melalui transfusi darah atau transplantasi organ. Infeksi microparasites menyebabkan berkisar dari akut (kematian atau pemulihan), berulang (diulang pertumbuhan dan peluruhan
organisme dalam host) atau tanpa gejala (aktif dan sulit untuk dideteksi) untuk subklinis (tanpa gejala tapi terdeteksi). Macroparasites biasanya memiliki siklus hidup kompleks yang melibatkan host intermediate dan reservoir,
dan kecenderungan untuk tidak meniru pada host manusia definitif. Beberapa spesies soil transmitted cacing adalah pengecualian dalam bahwa mereka tidak memerlukan host intermediate. Transmisi mungkin (i) langsung, melalui mengkonsumsi dari lingkungan yang terkontaminasi; (ii) langsung, melalui penetrasi kulit; (Iii) tidak langsung, melalui mengkonsumsi suatu hospes perantara yang terinfeksi atau jaringan dari sebuah host reservoir, atau (iv) tidak langsung, melalui vektor melayani sebagai hospes perantara. Infeksi yang disebabkan oleh macroparasites cenderung menjadi kronis bukan akut, dan angka kematian yang dianggap rendah, mengingat jutaan orang yang mengalami penyakit. Mengatasi infeksi yang disebabkan oleh sejumlah microparasites dan macroparasites dibuat
lebih sulit karena kelangsungan hidup mereka dan transmisi sering memanfaatkan komponen zoonosis. infeksi zoonosis adalah mereka di mana melalui perilaku manusia, budaya atau pasokan pangan memiliki masukan dalam siklus penularan patogen yang bertanggung jawab untuk penyakit di hewan liar atau peliharaan.
 Kesimpulan

1.    Pergeseran paradigma ke arah pendekatan yang terintegrasi untuk mengontrol
penyakit tropis terabaikan telah memungkinkan negara-negara anggota dan mitra untuk mencari solusi inovatif untuk memungkinkan sistem kesehatan lemah untuk target orang yang paling membutuhkan: sektor termiskin dari penduduk dengan terbatas atau tidak ada keuangan berarti.
2.    Pengelompokan beberapa penyakit bersama di bawah baru konseptual
menyajikan kerangka kesempatan untuk menghitung ulang beban kolektif
terkait dengan serangkaian penderitaan beragam serta kumulatif mereka
kesehatan masyarakat yang signifikan. Kerangka tersebut juga memungkinkan WHO untuk meningkatkan profil dari penyakit tropis terabaikan dan untuk memobilisasi sumber daya untuk scaling up penerapan kegiatan untuk kontrol dan eliminasi seluruh dunia.
3.    Laporan ini adalah yang pertama dari jenisnya untuk detail karya WHO dan
mitra terhadap mengatasi dampak global penyakit tropis terabaikan, pekerjaan yang dimulai pada tahun-tahun awal WHO. Ini berisi kuantitatif informasi dan bukti tentang situasi penyakit tropis terabaikan di dunia saat ini, fokus pada kemajuan yang dicapai dalam mengurangi penularan patogen umum dan secara luas terkait morbiditas dan kematian pada jutaan orang.
4.    Walaupun penyakit tropis terabaikan adalah kelompok beragam
kondisi, namun berdampak yang umum pada populasi yang hidupnya
pada kondisi suram oleh kemiskinan. Selama dekade terakhir, lebih luas komunitas internasional mengakui situasi ini sebagai tidak dapat diterima, dan pengakuan ini memacu pertumbuhan komunitas mitra berkomitmen untuk membawa sumber daya dan keahlian untuk tugas mengatasi penyakit tropis terabaikan.
5.    WHO akan terus memberikan nasihat teknis kepada pemerintah dan
organisasi lain, mengembangkan strategi untuk pencegahan dan pengendalian, kompilasi informasi kuantitatif tentang distribusi penyakit tropis terabaikan
dan cakupan dan pelaksanaan kegiatan, dan mengkoordinasikan pekerjaan
masyarakat mitranya.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tulis Komentar !!!